BandungDev: Hajatannya Programmer Se-Bandung Raya

Prasatya 21 Februari 2024

BandungDev: Hajatannya Programmer Se-Bandung Raya

Hallo Coders, apa kabar? semoga sehat selalu ya. Mengulas hajat BandungDev kemarin penulis akan ulas keseruannya nih. Jadi buat kamu yang tidak mendapatkan tiket nya bisa simak di sini. Lantas apa itu BandungDev? Jadi BandungDev adalah sebuah komunitas yang di bangun oleh para developer legendaris, yaitu satu di antaranya ada kang sandhika galih.

Selain itu ada juga beberapa developer legendaris yang ada dalam komunitas BandungDev. Penasaran siapa saja dan bagaimana keseruannya? Jika penasaran yuk langsung aja kita ulas evennya.

Latar Belakang BandungDev

BandungDev adalah komunitas software developer, programmer, dan engineers di area Bandung dan sekitarnya. Berdasarkan gagasan ini, BandungDev diinisiasi dan bekerja sama dengan berbagai komunitas teknologi lainnya seperti CODEPOLITAN, WPU (Web Programming UNPAS), Programmer Zaman Now (PZN), GDG Bandung (Grup Developer Google), JVM Indonesia, Indonesia Belajar, Kelas Terbuka, Android Developer Bandung (ADB), BandungPy, BandungJS, ReactJS Indonesia, Binary Nusantara, Bearmentor, Catamyst, dan masih banyak lagi.

BandungDev di inisiasikan oleh salah seorang developer yang jago JavaScript bahkan infonya ia juga sempat di katakan mencoba semua framework, wow keren. Mungkin coders yang baru belajar satu framework saja sudah pusing ya, gimana sosok orang ini. Siapa lagi kalo bukan kang Haidar Hanif, yaitu developer sekaligus mentor juga yang sudah sangat fenomenal di dunia coding.

Baca Juga : 3 Rahasia Praktis Mahir Programming dari NOL

Keseruan Event BandungDev

Bagi para programmer, mungkin bisa di katakan event ini adalah hajatannya para developer. Hajatan besar yang di isi oleh para developer legendaris, siapa coba yang tidak mau hadir dalam evennya.

Yaps Pada hari Minggu yang lalu tepatnya tanggal 18 Februari 2024. BandungDev menggelar acara spesial yang sangat di nantikan, terutama bagi para software developer, programmer, dan engineer di wilayah Bandung.

BandungDev memiliki group telegram yang sudah terdaftar lebih dari 3000 member. Sehingga ketika tiket event BandungDev beberapa hari lalu launching, hanya dalam beberapa jam saja sudah sold out, wow. Infonya Panitia hanya menyediakan tiket exclusive dengan jumlah 150 peserta saja. Pantas saja tiket ini dalam waktu singkat ludes ya coders.

Nah dalam event ini tentu saja CODEPOLITAN ikut serta aktif sebagai pendorong susksesnya acara. Gimana nih kalo next ada event bandungdev lagi? jadi biar tidak terlewatkan momen nya jangan lupa kepo di social media CODEPOLITAN ya dan FOLLOW, hehehe.

Dalam acara ini selain di isi oleh para developer legendaris seperti Sandhika galih dari WPU, eko khannedy dari blibli.com atau familiar di kenal sebagai programmer zaman now, ada juga erico darmawan dari komunitas flutter Indonesia, dan lainnya.

Konon acara ini perdana di selenggarakan oleh BandungDev dengan tujuan membangun hubungan dan berbagi antara komunitas developer. Acara ini mengusung tema Akademik & Industri dengan menghadirkan para tokoh besar dalam dunia software developer di sekitar Bandung.

Jadi, bagi Anda yang belum mengenal BandungDev dan ingin tahu bagaimana acara ini di adakan hingga menarik perhatian ratusan developer, mari kita simak ulasan artikel ini sampai tuntas.

Tujuan di Bentuk Komunitas BandungDev

BandungDev di bentuk dengan tujuan utama dan visi untuk kolaborasi dengan berbagai komunitas teknologi lainnya khususnya di wilayah Bandung. Adapun ke ikutsertaan peserta bisa dari berbagai wilayah. Seperti pada event kemarin ada beberapa peserta yang berasal dari jabodetabek sampai luar jawa.

Haidar Hanif menyebutkan dalam podcash sandhika galih, ''adapun untuk event pasti di adakan di bandung namun untuk peserta bisa banyak dari luar kota bahkan luar jawa".

Nah mungkin bisajadi kedepannya BandungDev akan go to beberapa wilayah. seiring dengan waktu pertumbuhan dari komunitas itu sendiri. Nah bagi kamunyang belum tahu, BandungDev ini membuka Grup komunitas publik di telegram pada bulan Oktober 2023.

Ketika itu dalam waktu singkat saja grup tersebut di banjiri member sudah lebih dari 1700 anggota pada akhir Desember 2023 dan terus bertambah setiap hari serta semakin berkembang.

Siapa Pendiri BandungDev

Acara ini di pandu dan di moderatori oleh Haidar Hanif yang juga salah satu Pendiri BandungDev. Komunitas ini di bentuk oleh praktisi dan akademisi terkemuka di Bandung di antara lainnya juga ada Hendi Santika, Kresna Galuh selaku CEO CODEPOLITAN, Eko Kurniawan Khannedy, Sandhika Galih, Dani Sofyan, Erico Darmawan Handoyo, Setia Budi, Deni Rohimat, Esa Firman, Hadian Rahmat, Didiet Pambudiono, Faqihza Mukhlis (Pukis), Muhammad Mustadi (Odi), dan banyak lagi.

Baca Juga Kisah Kevin Systrom, Sosok Pendiri INSTAGRAM

Susunan Acara BandungDev

Acara ini terbagi menjadi tiga sesi, di mana para pembicara akan membahas perbedaan antara pengalaman kerja di lingkungan akademis dan industri profesional di bidang Rekayasa Perangkat Lunak serta industri profesional di bidang software engineering dan app development. Selain itu ada hal-hal lain seperti komunitas teknologi, pengalaman, dan perjalanan karir di dunia teknologi.

Sesi pertama di mulai dengan pembahasan akademik yang di isi oleh Sandhika Galih, Erico Darmawan, dan Faqihza Mukhlis. Sementara Sesi Kedua di isi oleh Eko Khannnedy, Hendi Santika, dan Hendri Karisma. Setiap pemateri memulai dengan memperkenalkan diri dan dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan dari beberapa peserta yang telah mengisi formulir pertanyaan untuk para pemateri saat mendaftar.

Diskusi santai dan sharing pada sesi pertama berlangsung sekitar 1 jam sebelum di lanjutkan ke sesi berikutnya, dengan pertanyaan-pertanyaan menarik dari peserta yang di jawab dengan sudut pandang dan pengalaman masing-masing pemateri.

Ada beberapa hal menarik yang kamu dapatkan di event ini seperti, pengetahuan praktikal, networking dengan ahli akademisi dan praktisi, E-Certificate, Merchandise, dan doorprize kaos BandungDev.

Bagi kalian yang melewatkan acara ini dan ingin tahu lebih lanjut keseruan event ini kalian dapat menonton rekaman ulangnya di kanal YouTube CODEPOLITAN.

Salah satu aspek paling berharga dari acara BandungDev adalah dampak dan pengalaman yang di peroleh oleh para peserta, seperti peningkatan pengetahuan, jaringan, dan penguatan ikatan komunitas.

Dengan tema Akademik dan Industri, acara ini tidak hanya menyajikan diskusi serius tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bersatu dan membangun masa depan yang lebih baik dalam bidang pemrograman. Bagi siapa pun yang memiliki minat tinggi dalam dunia pemrograman, acara BandungDev adalah tempat yang tidak boleh di lewatkan. Jika Anda ingin bergabung dengan komunitas ini, Anda bisa klik di sini, dan untuk tidak ketinggalan informasi tentang acara-acara selanjutnya yang diselenggarakan oleh BandungDev, Anda bisa mengikuti Instagram BandungDev di @bandungdev.