Belajar Pemrograman JavaScript di JavaScript for Cats

Bagus Aji Santoso 8 Maret 2015

Belajar Pemrograman JavaScript di JavaScript for Cats

Dewasa ini JavaScript tidak hanya berjalan di web browser namun juga berjalan di server, smartphone bahkan robot! JavaScript for Cats merupakan panduan belajar pemrograman JavaScript singkat yang dibuat oleh @maxogden. Panduan ini dapat diakses melalui alamat http://jsforcats.com/.

Pembaca pasti bertanya-tanya mengapa panduan ini dinamakan JavaScript for Cats kan? Penamaan ini dikarenakan kecintaan @maxogden terhadap kucing sehingga dalam panduan yang ia tulis banyak contoh-contoh yang menggunakan kucing sebagai objeknya. Misalnya mencetak string "hello yes this is cat", membuat array catFriends yang berisi teman-teman kucingnya, dll.

Panduan JavaScript for Cats dapat diselesaikan dalam waktu satu atau dua jam karena panduan ini hanya mengajarkan dasar-dasar JavaScript. Meskipun hanya mengajarkan dasar-dasar JavaScript namun panduan ini membahas semua bagian JavaScript. Bagian-bagian yang dibahas oleh JavaScript for Catas adalah:

Baca juga: 15 E-Book Gratis tentang Javascript

Dalam mengikuti  panduan ini pembaca akan dipandu dengan menggunakan Developer Tools milik Google Chrome. Kelebihan panduan ini adalah gambar-gambar yang disajikan bukan gambar statis namun gambar bergerak sehingga terlihat seperti video. Penggunaan gambar bergerak ini sangat membantu untuk melihat bagaimana suatu program diketikkan langsung melalui Console Google Chrome.

JavaScript for Cats adalah proyek open source, oleh karena itu pembaca bisa membantu situs ini agar terus berkembang, memperbaiki panduan yang ada agar semakin lengkap atau bahkan menambah topik yang belum terbahas dipanduan ini dengan berkontribusi melalui laman github.com.

(bas/jsforcats)