Belajar Pemrograman Node Lewat Video di Lima Situs Ini

Bagus Aji Santoso 28 Februari 2015

Belajar Pemrograman Node Lewat Video di Lima Situs Ini

Belajar pemrograman lewat video memang selalu lebih asyik dibandingkan membaca tulisan yang panjang. Artikel hari ini akan membahas lima situs yang menyediakan tutorial belajar pemrograman Node secara gratis.

KnowThen

KnowThen dibuat oleh James Moore, seorang programmer yang ingin berlatih menjadi intruktur yang lebih baik dan secara bersamaan membagikan video tutorial berkualitas bagi komunitas Node. Situsnya tidak hanya membahas Node tetapi juga membahas teknologi-teknologi JavaScript lainnya seperti io.js, Web Token JSON, Marko, Generator, dsb. KnowThen memiliki fokus untuk membuat video yang membahas fitur-fitur terkini.

Situs ini terbilang cukup baru dengan 9 video yang tersedia. Episode terakhir diungguh pada tanggal 10 Februari lalu.

Node Tuts

Sempat tidak aktif cukup lama, Node Tuts kini kembali aktif memproduksi video baru disitusnya. Node Tuts dibuat oleh YLD dan pertama kali muncul saat Node masih baru (sekitar versi 0.1). Pada saat itu masih sedikit sekali sumber belajar Node yang tersedia. Saat ini ada empat seri Node yang bisa dipelajari: asynchronous, TCP servers, HTTP API servers, serta tools, tips, & tricks.

Tagtree

Tagtree dibuat Hendrik Swanepoel, dengan tujuan untuk mengasah kemampuan Full Stack JavaScript . Tagtree memang tidak terfokus hanya untuk Node. Tagtree juga menyediakan video lain seperti Express, REST, ES6, D3.js, Yeoman, Gulp, dll. Kualitas video di Tagtree sangat jernih dan pasti akan memanjakan mata pembaca.

Learn All The Nodes

Learn All The Nodes oleh Big-Oh Studios telah ada sejak tahun 2013. Situs ini benar-benar hanya membahas mengenai Node dan fitur-fiturnya. Video-video yang ada di Learn All The Nodes tersedia dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License. Video terbaru mereka membahas tentang Event Queue.

StrongLoop

StrongLoop merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai solusi aplikasi untuk membantu developer Node dalam menyelesaikan proyek-proyeknya. Selain itu mereka juga memproduksi video yang dapat kita manfaatkan untuk belajar pemrograman Node. Hingga hari ini telah tersedia 37 video yang dapat ditonton. Sayangnya video-video Strongloop diungguh di Vimeo sehingga terkadang sulit diakses apabila provider internet yang digunakan tidak memperbolehkan untuk mengakses situs Vimeo.

 

(bas/scottksmith/strongloop/yld/learnallthenodes/tagtree/knowthen/nodetuts)