Biografi Pendiri Tokopedia, Pake Bahasa Coding Apa Ya?

Prasatya 20 Maret 2024

Biografi Pendiri Tokopedia, Pake Bahasa Coding Apa Ya?

Biografi Pendiri Tokopedia - Sejak resmi di luncurkan ke public, Pada 6 Februari 2009 silam. Tokopedia menjadi e-commerce yang cukup me*raup* banyak konsumen. Sudah kenal dengan pendiri tokopedia? jika belum pas banget. Sekarang kita akan bahas sekaligus biografi pendiri Tokopedia. Biar nggak penasaran, langsung aja yuk kita bahas.

Mengenal Sejarah Berdirinya Tokopedia

Tokopedia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia berbelanja online saat ini. Meskipun sudah ada toko oren dan toko blackpink, namun Tokopedia masih ramai pembeli.

Di balik kesuksesan nya, ada sosok inspiratif yaitu pendiri Tokopedia yaitu bernama William Tanuwijaya, sang pendiri yang telah mengantarkan platform ini menjadi salah satu unicorn Indonesia dan bagaimana seorang William Tanuwijaya membangun kemegahan Tokopedia memiliki infrastruktur teknologi yang kuat dan canggih.

Salah satu aspek penting dari infrastruktur ini adalah bahasa pemrograman yang di gunakan. Mari kita kenali lebih dalam biografi pendiri Tokopedia dan Bahasa pemrograman apa yang membuat Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce raksasa di Indonesia!

Biografi Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya

Image

(Sumber Gambar: Wikipedia)

William Tanuwijaya lahir di Pematang Siantar, yaitu Sumatera Utara pada tanggal 11 november 1981. William di besarkan dalam keluarga sederhana dan memiliki tekad kuat untuk meraih Pendidikan tinggi. Dia merantau ke Jakarta untuk menempuh Pendidikan di Universitas Bina Nusantara dengan jurusan Teknik Informatika.

Sebelum mendirikan Tokopedia, Pengalaman William saat itu sempat bekerja di beberapa perusahaan teknologi, seperti PT Bolehnet Indonesia dan PT Sigma Pratama. Titik perjalanan Wiliam sangat gemilang di mulai sejak tahun 2009.

Wiliam tidak sendiri, ia bersama dengan rekan bisnisnya yaitu Leontinus Alpha Edison dalam membangun Tokopedia. Tokopedia berdiri pada tahun 2009. Awalnya, Tokopedia memiliki lebih dari puluhan seller dan hanya puluhan produk. Namun, dengan kerja keras dan strategi yang tepat, Saat ini Tokopedia telah memiliki lebih dari 10 juta penjual (seller) dan 100 juta produk.

Tidak ada keberhasilan yang di capai dengan mudah. Begitu juga dengan William Tanuwijaya dan Tokopedia. Masa-masa sulit tidak bisa ia pangkas, tetapi hal itu tidak pernah membuatnya patah semangat. Ketika mendirikan Tokopedia, William Tanuwijaya menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kurangnya modal hingga minimnya pengalaman dalam mengelola bisnis.

Namun dengan keberanian untuk menghadapi risiko dan inovasi yang terus menerus, ide brililiannya dalam menyediakan platform bagi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk memasarkan produk mereka secara online telah membawa perubahan besar dalam industri perdagangan Indonesia.

Baca Juga: Apa Itu React JS? Bahas Tuntas Sejarahnya Disini!

Sebagai CEO Tokopedia, William bertanggung jawab atas strategi dan arah perusahaan. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan untuk mengembangkan ekosistem e-commerce di Indonesia.

Nama William Tanuwijaya akan selalu di kenang sebagai sosok yang telah mengubah wajah industri e-commerce di Indonesia. Dengan dedikasi, semangat, dan keberanian, ia telah membuktikan bahwa tidak ada Batasan bagi mereka yang memiliki mimpi besar. Jadi buat kalian nih para programmer yang penasaran mengapa tokopedia bisa sebasar ini dan Bahasa apa rahasia yang di gunakan tokopedia untuk menampung jutaan user ya? Mari simak lebih lanjut!

Apa Saja Bahasa Pemrogramman yang Dipakai di Tokopedia?

Tokopedia, pakai Bahasa coding apa ya? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak programmer atau kamu yang bergelut sebagai software engineer. Nah jadi Bahasa pemrograman Tokopedia awalanya menggunakan Bahasa Perl.

Apa itu Perl? Jadi bahasa pemrograman ini adalah jenis bahasa hight-level di peruntukan untuk mempermudah pemrosesan text. Nah bahasa pemrograman Perl menjadi bahasa permulaan Tokopedia di bangun.

Seiring dengan pertumbuhan Tokopedia yang pesat, perlunya skalabilitas dan kinerja yang lebih baik mulai di pertimbangkan. Inilah yang kemudian mendorong Tokopedia untuk melakukan perubahan besar dalam infrastruktur teknologinya.

Kemudian Pada tahun 2015, Tokopedia memutuskan untuk pindah menggunakan Bahasa pemrograman Go, atau yang sering di sebut dengan Golang. Golang adalah Bahasa pemrograman yang relative baru, namun telah menarik perhatian banyak perusahaan teknologi karena performanya yang tinggi dan skalabilitasnya yang baik.

Langkah ini bukan hanya merupakan pergantian Bahasa pemrograman, tetapi juga mencerminkan komitmen Tokopedia untuk terus berinovasi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Golang yang di kembangkan oleh Google, menawarkan keuntungan yang relevan dengan kebutuhan Tokopedia. Kecepatan eksekusi yang tinggi, kinerja yang stabil, dan kemampuan untuk menangani beban kerja yang besar adalah beberapa dari banyak alasan mengapa Tokopedia memilih Golang sebagai Bahasa pemrograman utamanya.

Baca Juga: Mau Jago Go-Lang Yuk! Cek Disini

Keunggulan Bahasa Pemrograman Golang

Setelah mengenal biografi pendiri tokopedia, lanjut kita rogoh keunggulan Go-Lang. Karena ternyata belajar Bahasa pemrograman Golang cukup menarik lho ders setelah kita melihat beberapa perjalanan Tokopedia. Keunggulan Go-Lang di kenal memiliki performanya yang cukup tinggi. Jika di bandingkan dengan Bahasa pemrograman lain yang cukup fenomenal seperti java dan C++. Ternyata Golang bukanlah pilihan yang sembarangan untuk Tokopedia.

Bahasa pemrograman Go-Lang ini memiliki fitur-fitur yang sangat sesuai dengan kebutuhan pengembangan aplikasi web modern. Termasuk dalam konteks sebuah platform e-commerce yang besar dan kompleks seperti Tokopedia.

Salah satu keunggulan utama Golang adalah konkurensi yang dikelola dengan baik. Dengan goroutines dan channels, Golang memungkinkan pengembang untuk menangani banyak permintaan secara efisien, tanpa mengorbankan kestabilan atau kinerja aplikasi.

Ini menjadi krusial bagi Tokopedia untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya servernya, menghasilkan kinerja yang lebih baik dan biaya operasional yang lebih rendah. Sejak pindah ke golang, Tokopedia merasakan banyak keuntungan. Performa webste dan aplikasi Tokopedia menjadi lebih baik, dan skalabilitasnya pun meningkat. Hal ini memungkinkan Tokopedia untuk menangani traffic yang semakin tinggi tanpa mengalami kendala.

Seiring dengan pergantian Bahasa pemrograman, Tokopedia juga melakukan perubahan dalam penggunaan database. Dalam transformasi teknologi ini, Tokopedia mengadopsi pendekatan yang terintegrasi, memilih database yang paling sesuai dengan kebutuhan aplikasi web yang dibangun dengan Golang. Meskipun belum banyak di ketahui informasi spesifik tentang database yang di gunakan oleh Tokopedia setelah beralih ke Golang. Namun di duga telah mengadopsi teknologi database yang berskala yang mampu mengakomodasi kebutuhan pengembangan aplikasi web modern dengan tingkat skalabilitas yang tinggi seperti MySQL.

Database yang di gunakan untuk menyimpan data produk, pengguna, dan transaksasi. Redis, sebuah data NoSQL yang di gunakan untuk menyimpan data cache dan Elasticsearch, database NoSQL yang di gunakan untuk menyimpan data log dan data lainnya yang perlu dianalisa.

Kesimpulan

Setelah kita mengulas Biografi pendiri Tokopedia, dan mengenal Pendirinya. Kita bisa simpulkan bahwa William Tanuwijaya adalah seseorang yang memiliki kisah inspiratif.

Ia bisa meng-inspirasi developer atau mungkin saja kamu. Dengan semangat yang membara dan visi yang jelas, William Tanuwijaya berhasil membawa Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Kisah perjalanan usaha William Tanuwijaya menjadi motivasi bagi banyak orang untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar impian mereka.

Semoga kisah sukses Tokopedia ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berani bermimpi dan berusaha keras menggapai cita-cita mereka.

Pergantian Bahasa pemrograman dari Perl ke Golang oleh Tokopedia bukanlah sekedar perubahan infrasrutktur teknologi. Ini juga memiliki dampak yang signifikan pada pengalaman pengguna. Kira-kira bahasa pemrograman apalagi ya, yang banyak di gunakan oleh e-commerce populer di Indonesia. Nanti kita akan bahas lagi ya, kira-kira setelah ulas biografi pendiri Tokopedia kita ulas apalagi yaa? okedeh semoga ulasan ini bermanfaat ders.