Born To Protect - Kompetisi Gladiator IT Indonesia

Teo Filus 28 Februari 2017

Born To Protect - Kompetisi Gladiator IT Indonesia

Januari lalu pemerintah telah membentuk Badan Siber Nasional (BSN) dengan merekrut sebanyak 50 orang ahli IT. Namun sepertinya itu belum cukup untuk mengatasi banyaknya masalah yang terkait dengan keamanan siber. Untuk itu pada tanggal 30 Januari 2017, PT. Xynexis yang didukung oleh Kementerian Kominfo dan APTIKOM me-launching suatu program yang bernama "Born To Protect" untuk menjaring 10.000 talenta berbakat di bidang keamanan siber. Tujuan program ini adalah untuk memperbanyak SDM dalam bidang cyber security , yang nantinya diharapkan dapat membantu industri strategis nasional dalam menjaga keamanan informasi di Indonesia. Peserta yang mengikuti program ini tidak hanya dilatih untuk melakukan* Hacking* saja, melainkan juga dilatih mengenai moral dan integritas.

Manfaat dari mengikuti program ini yaitu peserta atau kandidat akan mendapat peluang untuk bekerja dibidang keamanan siber melalui talent pool yang digunakan oleh industri, selain itu peserta yang menjadi Top 1000 akan mendapat sertifikat, dan untuk peserta yang termasuk dalam Top 100 akan mengikuti program DigitalCamp secara gratis untuk dididik secara khusus oleh mentor-mentor ternama dan berpengalaman yang didatangkan dari lokal maupun internasional, lalu jika kamu menang kamu akan mendapatkan uang saku dan beasiswa, serta manfaat-manfaat lainnya yang bisa didapat dari program ini. Nantinya juga akan ada Roadshow di 10 kota di Indonesia.

Adapun tahapan dalam program ini yaitu:

  1. Registrasi online (1 Februari 2017 sampai kuota terpenuhi atau sampai pendaftaran ditutup).
  2. Seleksi awal peserta (Hacking Contest & IT Quiz) dan seminar di 10 kota di Indonesia (Untuk tanggal lomba akan diberitahukan pada 15 Maret 2017 dan untuk seminar tanggal menyusul).
  3. Seleksi semifinal secara online
  4. Final DigitalCamp

Harapannya kompetisi akan diadakan setiap tahun dengan target yang sama yaitu 10.000 peserta dan sampai artikel ini ditulis sudah ada 2.736 yang mendaftar. Lalu untuk pemula atau yang tidak mengerti linux jangan takut untuk mendaftar, karena ada dua pilihan test. Untuk yang mengerti linux dapat mendaftar Hacking Contest dan untuk yang tidak mengerti dapat mendaftar IT Sec Quiz. Bagi yang telah mendaftar, untuk info audisi akan diberitahukan melalui website, facebook, email dan Twitter. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat mengakses FAQ pada link https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/3645/FAQ%20BTC.pdf, dan untuk pertanyaan yang tidak ada jawabannya dapat langsung bertanya ke Facebook officialnya. Jadi tunggu apa lagi buat kamu yang tertarik keamanan siber, segera daftar dan jadilah bagian dari generasi gladiator IT Indonesia untuk menjadi pahlawan bagi dirimu dan bagi bangsa Indonesia.

Official Website : https://www.borntoprotect.id/

Official Facebook : @BornToProtect

Penanggung Jawab Program : Sdri. Intan Rahayu

e-mail : inta005@kominfo.go.id

** NB : Awalnya program ini bernama "Born To Control", namun karena mendapat kritik dari Menkominfo akhirnya dirubah menjadi "Born To Protect" **