Cerita dari Meteor Meetup Jakarta - April 2015

Ahmad Oriza 3 April 2015

Cerita dari Meteor Meetup Jakarta - April 2015

Senangnya perwakilan Codepolitan bisa hadir kembali di acara developer meetup. Cuma kali ini terasa sedikit berbeda karena kita berbaur dengan komunitas Meteor Framework yang notabene pasukan Node js.

Meteor sendiri merupakan full stack framework yang memungkinkan kita delivery fast project.  Juga tanpa config web socket library kita sudah bisa menyicipi nikmatnya aplikasi realtime/reactive. Tidak lupa bermacam alat perang nya pun sudah tersedia sebut saja db driver, template engine, cli tools, bahkan free hosting (development). Lebih mantap lagi dengan Atmospherejs nya yang menjadi host package yang lengkap.

Sedikit info menarik, meteor ini merupakan project open source yang didanai luar biasa bahkan bisa menggaji core contributor nya sampai 5 tahun kedepan. Saat ini juga nongkrong di peringkat 2 paling banyak dibintangi di github. Core contributor nya juga berpengalaman dan beberapa orang adalah lulusan MIT, bisa diintip disini https://www.meteor.com/people.

Nah, lalu bagaimana meetup meteor kali ini?

Dimulai dari sambutan Pak Yanuar Kurniawan (Ideabox Indosat). Setelah itu baru masuk sharing teknis yang dibawakan mas Riza Fahmi, Co-Founder Bdb. Beliau membahas judul yang greget "Say No To MongoDB Edition" isinya membahas alternatif db meteor selain dari mongodb. Salah satunya Redis. Beliau memaparkan hasil benchmark mongodb vs redis. Juga memberi contoh beberapa syntax penggunaan Redis untuk meteor.

Materi kedua,  kembali dibawakan Pak Yanuar Kurniawan dengan membahas Crowdtivate yaitu platform Crowdsourcing milik Indosat yang bertujuan menjadi wadah/fasilitas para kreatif/maker menjalankan campaign productnya. Bisa dibilang mirip kickstarter. Beliau juga menyampaikan apabila ide/product tersebut mendapatkan perhatian banyak orang, maka ada kesempatan untuk pitching ke pihak Indosat. Beliau menyatakan product ini juga menjadi alat filtrasi dari ide yang ada saat ini.

Materi ketiga, masuk pembahasan tentang Mysql yang ternyata sudah bisa di integrasikan juga dengan Meteor. Kali ini tidak ada pembicara, kita nonton bareng video "Reactive Mysql" yang dibawakan oleh Ben Green.

Sebenarnya di Node native kita sudah bisa pakai Mysql, ada satu repo populer node-mysql. Tapi karena node murni dan Meteor sudah beda arsitektur maka tidak begitu saja bisa integrasikan. Ini sungguh hal menarik, developer yang terbiasa dengan Mysql tetap bisa mengawinkan nya dengan Meteor dan bisa tetap Reactive.

Sharing session,networking dan pembahasan project komunitas Keyboard Hero menjadi penutup meetup hari itu. Semoga Codepolitan bisa hadir lagi di meetup berikutnya. Tertarik join? kunjungi tkp http://www.meetup.com/Meteor-Jakarta/

Mari berdiskusi :)