Channel Youtube Pilihan untuk Kamu Para Programmer

Bagus Aji Santoso 21 Februari 2015

Channel Youtube Pilihan untuk Kamu Para Programmer

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis tentang lima situs tempat belajar pemrograman lewat video gratis. Nah, diartikel tersebut saya menyinggung situs youtube.com sebagai salah satu situs yang menyediakan ribuan video gratis mengenai pemrograman dan sebagainya. Namun seperti yang sama-sama kita ketahui, Youtube itu bukan hanya situs yang berisi video pemrograman saja, segala macam video ada. Ingin menonton video One Ok Rock? Cinta Citata? Rekaman konser? Rekaman konferensi? Rekaman seminar? Nonton bulutangkis langsung? Semua ada di Youtube. Browsing diantara ribuan koleksi video youtube akan memakan waktu berhari-hari. Artikel hari ini akan meberikan pembaca informasi mengenai beberapa channel youtube menarik tentang pemrograman sehingga akan mempersingkat waktu pembaca untuk mencari video-video semacam ini.

The New Boston

Image

Channel ini bisa dibilang wajib buat di Subscribe. Video-video tutorial yang diberikan sangat berkualitas dan disampaikan dengan sangat baik oleh penyampainya. Video tutorialnya juga sangat banyak, dari Java, C++, PHP, HTML5, JavaScript, Python, MySQL, jQuery, Unity, Excel, Photoshop, dan puluhan video lainnnya yang bisa pembaca temui sendiri melalui channelnya.

Koleksi video The New Boston dapat dilihat melalui tab Playlists atau melalui situs resmi mereka di thenewboston.com.

LearnCode.academy

Image

Salah satu channel pemrogrman yang sangat aktif di Youtube. Channel ini berisi video tutorial mengenai desain web, pemrograman web dan lain sebagainya dipandu oleh Will Stern. Video-video yang pernah dibahas meliputi JavaScript, jQuery, MongoDB, Express, ATOM, Backbone, Angular, Node, Sublime Text, HTML, CSS, dll.

phpacademy

Image

Pembaca ingin belajar PHP? Channel phpacademy lah surganya video belajar PHP. Channel phpacademy memiliki puluhan playlist yang terdiri atas panduan-panduan berbagai komponen php. PHP murni, PHP framework ( Laravel dkk. ), github, regular expression, tombol like dengan php, penggunaan API Dropbox dengan PHP, user location information dengan PHP, semua tersedia panduannya secara gratis untuk ditonton lewat Youtube.

Phpacademy juga dapat kita akses melalui situsnya di phpacademy.org. Tak seperti channelnya di youtube, situs ini memiliki beberapa video dengan fitur premium. Untuk menonton video-video yang pasti gratis, kunjungi saja channel Youtubenya.

DevelopPHP

Image

Channel ini seperti channel sebelumnya, memiliki fokus lebih ke PHP. Namun selain PHP channel ini juga menyediakan video-video mengenai HTML, CSS, JavaScript, dan SQL. Video tutorial disampaikan oleh Adam Khoury dengan suara yang jelas dan lugas. Untuk koleksi video yang lebih terstruktur rapih, situs developphp.com akan membantu kita.

MyCodeSchool

Image

Channel ini akan sangat bermanfaat apabila saat ini pembaca sedang mempelajari algoritma dan struktur data. Karena, channel ini mengkhususkan diri untuk membahas algoritma dan struktur data dasar seperti linked list, sorting, binary search, stack, queue, binary tree, dsb. Channel ini telah berjasa membantu saya memahami struktur-struktur data tersebut saat masih mengontrak mata kuliah Struktur Data di kampus. MyCodeSchool juga dapat diakses melalui situsnya mycodeschool.com.

Michael Herman

Image

Micahel Herman merupakan salah satu penulis buku Real Python. Di channel Youtubenya, Micahel Herman banyak membahas tentang Python dan Flask. Ada juga beberapa video lain yang membahas tentang Eclipse, Excel, Django, Statistic, dst. Namun koleksi video paling banyak dan paling menarik ada tentang Python dan Flask.

JSConf

Image

Kalau pembaca penggemar JavaScript, ini dia channel yang wajib di ikuti. JSConf secara berkala mengunggah video-video konferensi, seminar, serta workshop-workshop bertemakan JavaScript maupun teknologi web lainnya. Jika pembaca ingin mengikuti perkembangan teknologi web terutama JavaScript atau mendengarkan pembicara terkenal mengenai teknolgo web yang sedang hangat dibicarakan, subscribe!.

Koleksi konferensi yang dimiliki oleh channel ini diantaranya :

  • CSSConf.Asia 2014
  • CSSConf EU 2014
  • JSConf.Asia 2014
  • JSConf EU 2014
  • JSConf AU 2014

Confreaks

Image

Jika channel JSConf mengkhusus dibidang JavaScript atau Web, maka Confreaks tidak memihak kepada salah satu bahasa. Disini semua ada. Mau EmberConf 2014, RubyConf 2014, DjangoCon 2014, atau RailsConf 2014, semua bisa kita tonton secara gratis.

LevelUpTuts

Image

Level Up Tuts dibuat karena kebutuhan akan dokumentasi instruksional berupa video yang semakin dibutuhkan. Level Up Tuts diawali oleh duo Scott Tolinski dan Ben Schaaf dengan memberikan tutorial gratis mengenai web development. Level Up Tuts merupakan proyek sampingan karena keduanya merupakan developer web full time (dan freelancer).

Menurut pendapat saya pribadi, video-video yang ada di Level Up Tuts sangat bagus. Mulai dari kualitas gambar sampai dengan kualitas suara dan penjelasan oleh instrukturnya. Panduan yang ada juga cukup lengkap, mulai dari HTML5, CSS, Sass, Stylus, Sublime, Gulp, Drupal, Wordpress, eCommerce, JavaScript, CoffeScript, hingga Android. Untuk mengunjungi situs resminya ada di leveluptuts.com dan Youtube.com.

Penutup

Demikianlah segelintir informasi mengenai channel-channel Youtube pilihan yang dapat pembaca tonton. Semoga bermanfaat dan dapat menghemat waktu pembaca untuk mencari video-video seperti ini. Apabila pembaca memiliki informasi channel lain yang dapat di ikuti, silahkan ikut berbagi bersama melalui form komentar dibawah.

(bas/reddit/quora/makeuseof)