Chrome Music Lab, Eksperimen Google dengan Web Audio API

Bagus Aji Santoso 16 Maret 2016

Chrome Music Lab, Eksperimen Google dengan Web Audio API

Google ingin mempermudah akses untuk belajar musik bagi semua orang menggunakan teknologi web. Dengan kolaborasi antara musisi dan programmer, Google mengembangkan Chrome Music Lab. Teknologi ini memungkinkan siapapun untuk mengeksplorasi cara kerja musik.

Eksperimen yang dilakukan oleh Google dalam Chrome Music Lab menggunakan Web Audio API, standar web yang memungkinkan kita untuk membuat dan memanipulasi suara langsung di browser. Selain Web Audio API, Chrome Music Lab juga memanfaatkan Tone JS, framework yang berjalan di atas Web Audio API untuk mempermudah pembuatan musik interaktif di browser serta Pixi JS, pustaka JavaScript untuk me-render animasi 2D di WebGL dan canvas. Beberapa eksperimen bahkan memungkinkan kita menggunakan microphone untuk merekam suara asli.

Chrome Music Lab Spectrogram

Pembaca Codepolitan yang penasaran dengan eksperimen Google satu ini, langsung saja kunjungi laman Chrome Music Lab. Semua source code tersedia dalam bahasa pemrograman JavaScript di repository Github ini. Jika pembaca seorang programmer JavaScript yang suka Musik, kenapa tak coba mengulik?

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=PdwmtU-FkrA[/embedyt]

(bas/googleblog)