CodeCombat, Belajar Coding Sambil Bermain Game

Bagus Aji Santoso 22 Desember 2014

CodeCombat, Belajar Coding Sambil Bermain Game

Belajar pemrograman selalu menyenangkan, apalagi jika proses belajar tersebut sambil menghajar monster-monster jahat yang ingin menguasai dunia, pasti seru banget. Jarang sekali ada layanan yang dapat memberikan kita kesempatan untuk belajar coding sambil bermain game yang benar-benar bermain game (mengalahkan monster jahat, beli item, berpetualang). Satu dari layanan yang sangat jarang ini ialah CodeCombat.

CodeCombat adalah fantasy web game (versi iOS menyusul) yang mengajarkan dasar ilmu komputer (pemrograman). Dengan bermain CodeCombat pengguna akan belajar hal-hal mendasar seperti sintaks, logika pemilihan, pengulangan dan variabel.

CodeCombat mulai dikembangkan pada tahun 2013 oleh George Saines, Nick Winter, dan Scott Erickson. Ketiga pendiri CodeCombat ini sudah saling mengenal sejak sepuluh tahun yang lalu. Prototype CodeCombat dikerjakan oleh Nick diakhir 2012. Pada awal 2013, CodeCombat telah memiliki situs sendiri dan beberapa level untuk pemula. Kemudian pada pertengahan 2013 tepatnya bulan Juni, CodeCombat diluncurkan melalui situs Reddit. Setelah banyak umpan balik yang positif yang masuk, tim CodeCombat diluncurkan ulang dalam versi beta bulan Oktober 2013.

Founder CodeCombat

Peluncuran dibulan Oktober dilihat lebih dari 100.000 pengunjung kurang dari seminggu. Dan saat even Hour of Code di bulan Desember membawa pengunjung tambahan sebesar 280.000. Fasilitas multiplayer ditambahkan pada musim semi 2014. Saat ini CodeCombat dikembangkan oleh tim beranggotakan lima orang, tiga pendiri ditambah Michael Schmatz dan Matt Lott sebagai programmer.

CodeCombat dapat di akses melalui situs resminya di codecombat.com.

[caption id="" align="alignnone" width="778"]Halaman Utama CodeCombat Halaman Utama CodeCombat[/caption]

Saat memulai berpetualang kita hanya dapat memilih dua hero. Selanjutnya ada tujuh hero lain yang dapat di-unlock. Selain itu kita juga dapat memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari sambil bermain. Saat tulisan ini dibuat baru ada enam bahasa yang didukung, Python, JavaScript, CoffeeScript, Clojure, Lua, dan Io.

Menu Pilih Bahasa

Layaknya sebuah game, kita dapat meng-equip barang dan membeli item.

Equip
Beli Item

Cara bermain CodeCombat tidaklah sulit, kita cukup mengetikan sintaks yang akan diajarkan di kolom sebelah kanan. Dimana karakter hero yang telah kita pilih akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang kita tulis. Apabila kode yang kita tulis berhasil maka hero kita akan mendapatkan point. Namun jika kalah kita harus menulis kode sampai benar.

Main
Kalah

Selain mendapat poin, kita juga akan memperoleh gem. Gem ini nantinya dapat digunakan untuk membeli item.

Dibalik fitur-fiturnya yang luar biasa ini, CodeCombat merupakan salah satu proyek yang 100% open source dibawah lisensi MIT dan Creative Common. Kode sumbernya dapat dilihat di situs github.com. Bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah CoffeScript, JavaScript, dan CSS.

Sudah siap dengan petualangan panjang yang menanti didepan?