Emoji Lang, Saat Karakter Emoji Menjadi Perintah Bahasa Pemrograman

Bagus Aji Santoso 20 Mei 2015

Emoji Lang, Saat Karakter Emoji Menjadi Perintah Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman pada umumnya menggunakan istilah bahasa Inggris dapat penulisan perintah-perintahnya. Bahasa Assembly-pun perintahnya masih dapat kita baca karena masih mirip-mirip dengan bahasa Inggris meskipun tidak semudah membaca perintah pada bahasa pemrograman high-level lainnya. Entah apa yang dipikirkan oleh Anthony Nowell. Programmer asal Amerika Serikat ini membuat bahasa pemrograman yang menggunakan karakter emoji sebagai perintah pada bahasa pemrograman yang ia berinama Emoji Lang.

Emoji Lang ditulis sepenuhnya dengan bahasa pemrograman Ruby dan berjalan diatas Ruby Virtual Machine. Sesuai namanya, bahasa pemrograman ini menggunakan perintah yang tidak lazim yaitu dengan menggunakan karakter emoji. Untuk anda yang belum, emoji atau dikenal juga dengan istilah emoticon adalah karakter gambar yang biasa digunakan dalam pesan elektronik (sumber: wikipedia).

[caption id="" align="aligncenter" width="424"] Sumber: getemoji.com[/caption]

Kalau anda penasaran seperti apa sih kode Emoji Lang itu. Berikut ini kodenya.

[caption id="attachment_4273" align="aligncenter" width="181"]Screenshot from 2015-05-19 22-01-02 Perintah pada Emoji Lang[/caption]

Perintah di atas saat dieksekusi akan menghasil keluaran seperti di bawah ini.

$ emojit samples/fizzbuzz.emoj
1
2
fizz
4
buzz
fizz
7
8
fizz
buzz
11
fizz
13
14
fizzbuzz
...

Wow, menarik sekali bukan? Jika pembaca penasaran seperti apa kode Ruby yang ditulis untuk membuat Emoji Lang, kunjungi halaman github anowell/emoji-lang ini.

Dan buat kamu yang ingin melihat bahasa pemrograman yang lebih aneh lainnya, bisa membaca artikel berikut: Bahasa Pemrograman Paling ‘Absurd’.

Semoga bermanfaat, jangan lupa komentarnya ya.

(bas/github)