Fat-Free, Microframework PHP Handal

Yana Permana 9 Juni 2015

Fat-Free, Microframework PHP Handal

Framework Fat Free adalah framework PHP yang open source, ditulis oleh Bong Cosca pada tahun 2009 sampai sekarang. Filosofi dibelakang framework ini dan pendekatannya ke arsitektur software adalah dengan meminimalkan dalam komponen struktural, dan menghindari kompleksitas aplikasi dan memberi keseimbangan antara koding, performa aplikasi dan produktivitas programmer. Framework Fat-Free direkayasa khusus dengan penggunaan dan pengalaman sebagai tujuan desain utama. Dengan adanya framework ini memudahkan programmer web pemula maupun ahli.

Pengembang framework Fat-Free telah merilis versi 3.5 pada minggu ini. Framework Fat-Free 3.5 dikemas dengan fitur baru yang menarik dan dokumentasi yang luar biasa. Selain itu juga terdapat penambahan fitur keamanan.

salah_satu_ui_fat_free_create

Pengembang Fat-Free mengklaim bahwa framework sudah stabil, user-friendly, dan cocok digunakan sebagai arsitektur kelas enterprise. Pengembang menganjurkan framework ini untuk mengembangkan aplikasi baru dengan rilis ini agar bisa mengambil keuntungan dari fitur-fitur terbaru dan perbaikan lainnya yang signifikan.

Apakah perlu membayar lisensi untuk framework Fat-Free? Tidak perlu, karena framework ini gratis dan dirilis sebagai perangkat lunak open source yang menggunakan lisensi GNU Public License (GPL v3). Jika kita ingin menggunakan fitur lebih selain yang berlisensi GPL, kita juga bisa menggunakan alternatif lisensi lain yang tersedia namun harus membayar sesuai dengan ketentuan.

Jika kita ingin berkontribusi dalam proyek Fat-Free, kita bisa bergabung sebagai kontributor dengan izin pengembang Fat-Free. Bagaimana cara berkontribusinya? Kita berkontribusi dengan melaporkan bug, penambahan plugin baru dan fitur baru yang sangat berguna. Tertarik mencobanya? Kunjungi situs resminya di http://fatfreeframework.com/home

(yp/fatfree)