Inilah Game-game Kreatif Pemenang Kompetisi js13kGames

Bagus Aji Santoso 30 September 2015

Inilah Game-game Kreatif Pemenang Kompetisi js13kGames

Beberapa minggu yang lalu Codepolitan pernah mempublikasikan kompetisi bernama js13kGames. Js13kGames merupakan sebuah kompetisi dimana para peserta ditantang untuk mengembangkan game berbasis JavaScript namun dengan ukuran kurang dari 13 kilobyte. Peserta yang mengirimkan karyanya dinilai oleh juri-juri berpengalaman dibidang pengembangan game web seperti Richard Davey, Pablo Varias Navarro, dan Andrzej Mazur.

Kompetisi yang dilaksanakan selama satu bulan lamanya ini akan mengganjar para pemenang dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik dari berbagai sponsor yang mendukung kompetisi ini, diantaranya terdapat smartphone Firefox OS Flame. Ada tiga kategori utama yang dilombakan yaitu Desktop, Mobile, dan Server.

Tiga besar pemenang untuk masing-masing kategori adalah:

Desktop

Behind Asteroids - The Dark Side oleh Greweb

[caption id="" align="alignnone" width="400"] Behind Asteroids - The Dark Side[/caption]

Pada game Asteroids, umumnya kita berperan sebagai pesawat yang menembaki asteroid-asteroid yang bertebaran diangkasa. Namun digame bermain sebagai pengirim asteroid-asteroid untuk menghancurkan pesawat yang dimainkan oleh orang lain (AI). Hal yang menantang dari game ini adalah kita harus mampu mengarahkan asteroid pada posisi yang tepat dan menekan tombol tertentu di keyboard untuk mengirimkan asteroid tersebut. Mengasyikan, harus dicoba!

Road Blocks oleh Ash Kyd

[caption id="" align="alignnone" width="400"] Roadblocks[/caption]

Roadblocks merupakan game puzzle dimana kita bertugas untuk menghubungkan jalan yang saling berseberangan. Jalan, bangunan, serta benda-benda lain digame ini digambarkan dengan bentuk-bentuk kotak yang lucu (blocks). Puzzle yang ditawarkan cukup menantang dan dapat kita mainkan di Google Chrome, Firefox, Edge, dan Safari (iOS 6 atau lebih tinggi).

ChessPursuit oleh Saturnyn

[caption id="" align="alignnone" width="400"] Chess Pursuit[/caption]

Terinspirasi dari permainan catur, di game ChessPursuit ini kita berperan sebagai Raja Hitam yang hendak kabur dari kejaran para Kuda putih. Game ini sejenis endless runner dimana kita akan terus berlari dari kejaran musuh. Raja Hitam tentu tidak bisa lari begitu saja dengan tenang. Ada halangan-halangan yang menanti. Halangan-halangan tersebut adalah bidak-bidak putih yang berjejeran diharapan Raja Hitam yang siap menghadang.

Mobile

Juara pertama dan kedua kategori mobile sama dengan kategori desktop. Hal ini dimungkinkan karena panitia memperbolehkan peserta mendaftarkan gamenya di beberapa kategori sekaligus. Meskipun terlihat tidak adil, namun itulah kelebihan pengembangan game web dewasa ini bukan?

It's Raining ... Boxes?! oleh Remy Vansteelandt

[caption id="" align="alignnone" width="400"] It's Raining Boxes[/caption]

Jadi ceritanya kita sedang terjebak di suatu pulau yang tidak ada jalan keluar. Sedangkan pada saat itu hujan sedang turun. Air yang berada dibawah kita perlahan mulai naik dan siap menenggelamkan kita. Beruntung pada saat hujan air turun, hujan kotak pun turun. Kotak-kotak ini bisa kita tumpuk untuk membantu kita berlari dari kejaran air. Namun ingat, jangan sampai tertimpa hujan kotak!

Desktop

Men in Maze oleh Iftah

[caption id="" align="alignnone" width="400"] Men in Maze[/caption]

Game pemenang kategori server ini merupakan game multiplayer. Kita dapat berperan sebagai pemain merah atau biru yang saling bertarung, tembak-menembak, melompati tembok, menghancurkan tembok hingga memutar ulang waktu.

Papertron oleh Csaba Csecskedi

[caption id="" align="alignnone" width="400"] Papertron[/caption]

Pernah nonton Tron? Grafis game ini terinspirasi oleh Tron. Kita bermain melawan tiga pemain lain dan saling menghindar dari tabrakan. Selain tabrakan kita juga tidak boleh keluar dari arena pertandingan. Papertron juga memiliki fitur chat.

Captain Nicebeard oleh Patrick Woodcock

[caption id="" align="alignnone" width="400"] Captain Nicebeard[/caption]

Aye captain!

Captain Nicebeard merupakan game petualangan laut dimana kita berperan sebagai bajak laut yang sedang menolong teman-temannya yang terapung-apung dilaut. Selain menyelamatkan kolega yang hampir tenggelam, kita juga dapat mengumpulkan peti harta karun yang tersebar di sekeliling map. Sayangnya hingga level ketiga saya belum menemui kapal musuh untuk ditembak.

 

Daftar lengkap para pemenang masing-masing kategori termasuk kategori tambahan seperti community awards, firefox os special, dan social special (facebook, twitter, google+) dapat dilihat dihalaman resmi js13kgames.com.

(bas/js13kgames)