Inilah Para Pemenang Google Material Design Awards 2017

Bagus Aji Santoso 19 September 2017

Inilah Para Pemenang Google Material Design Awards 2017

Salah satu kunci sukses membuat aplikasi Android yang dicintai banyak orang ialah dengan membuat antarmuka yang menarik. Beruntung Android memiliki standardisasi dalam pembuatan aplikasinya yang biasa dikenal dengan nama Material Design. Dengan mengikuti standar-standar yang telah diberikan Google kita dapat membuat antarmuka yang cantik dan pengalaman menggunakan aplikasi yang menyenangkan. Untuk mendapatkan inspirasi bagaimana mendesain sebuah aplikasi menggunakan Material Design yang menarik kita dapat melihat dari kesuksesan aplikasi yang telah ada, salah satunya dengan melihat aplikasi pemenang Material Design Awards.

Baca juga: Belajar Membuat Aplikasi Android dari 10 Aplikasi Open Source Ini

Material Design Awards merupakan penghargaan dari Google untuk aplikasi-aplikasi yang menerapkan panduan Material Design. Tahun-tahun sebelumnya Google memilih sendiri aplikasi yang akan dianugerahi piala, akan tetapi tahun ini untuk pertama kalinya, Google membuka proses nominasi ke publik. Dari ratusan aplikasi yang diusulkan, pemenang jatuh ke tangan Blinklist untuk kategori Brand Expressivenes, Eventbrite Organizer memenangkan kategori Interaction Design, NPR One untuk kategori Platform Adaptiveness, dan momondo untuk kategori Innovation.

Blinklist

Blinklist adalah sebuah aplikasi yang meringkas 2.000 buku non fiksi populer ke dalam audio dan teks yang dapat dikonsumsi dalam waktu 15 menit saja. Aplikasi ini mendapatkan penghargaan Brand Expressiveness karena penggunaan icon, motion, dan typography yang harmonis.

Image

Eventbrite Organizer

Aplikasi ini memenangkan kategori Interaction Design atas struktur aplikasi yang rapih dan navigasi yang memudahkan saat pengguna melakukan proses manajemen aplikasi secara keseluruhan mulai dari pembuatan hingga selesai.

Image

NPR One

Aplikasi NPR One dihadiahi Platform Adaptiveness karena kefleksibelannya. Baik itu di dalam kantong, dipergelangan tangan, maupun di dalam mobil, aplikasi ini memberikan pengalaman menggunakan aplikasi yang konsisten dan natural di tiap perangkat.

Image

Momondo

Dari segi fungsionalitas, cara mencari, membandingkan harga, memesan hotel dan tiket pesawat tidak ada yang unik. Namun, keunikan momondo datang dari bagaimana caranya menampilkan informasi. Gambar latar, grafik, serta loading screen yang luar biasa indah menyingkirkan pesaing lainnya.

Image

Sumber: design.google