io.js dan Node.js Kembali Bersatu

Bagus Aji Santoso 27 Mei 2015

io.js dan Node.js Kembali Bersatu

Io.js merupakan framework pecahan Node.js yang digagas sejak bulan Desember 2014 dan mulai dirilis pada tanggal 13 Januari 2015 yang lalu. Proyek ini dimulai atas inisiatif sekelompok pengembang Node.js yang tidak puas dengan gaya kepemimpinan diperusahaan pengembang Node.js, Joyent. Ketidakpuasan ini diungkapkan oleh Mikell Rodgers yang mengatakan bahwa dengan ditunjuknya satu orang sebagai pemegang keputusan (pengembangan) membuat developer lain tidak leluasa untuk mengembangkan Node.js bersama. Maka dari itu dirilis lah io.js yang emngambil kode dasar dari Node.js itu sendiri.

Setelah hampir lima bulan lamanya kedua proyek ini berjalan sendiri-sendiri, beberapa minggu yang lalu tercetus ide untuk kembali menyatukan kedua proyek ini dibawah organisasi yang sama, Node Foundation. Node Foundation merupakan organisasi netral yang dibentuk oleh Joyent bersama dengan IBM, Microsoft, PayPal, Fidelity dan SAP dengan Linux Foundation sebagai penasehat dalam penyusunan organisasi ini agar efektif dalam menumbuhkan, mengembangkan, dan mendukung komunitas Node.js melalui organisasi yang netral. Pada tanggal 13 Mei 2015 yang lalu, Mikeal Rogers melalui akun twitternya menyatakan bahwa Technical Committee (TC) io.js telah memilih untuk bergabung bersama Node Foundation.

Dengan diumumkannya pernyataan untuk bergabung ini, proyek Node.js dan io.js saat ini tengah dalam proses penggabungan. Seorang pengembang baik di Node.js maupun di io.js, Bert Belder, mengatakan bahwa Ia senang sedang bergabungnya Node.js dan io.js karena pengembang io.js pada dasarnya adalah para pengembang Node.js juga.

(bas/javaworld/joyent/nodejs/venturebeat)