io.js, Framework JavaScript yang Kompatibel dengan Node.js dan npm

Bagus Aji Santoso 20 Desember 2014

io.js, Framework JavaScript yang Kompatibel dengan Node.js dan npm

Sebagian besar pembaca pasti telah mengenal Node.js, sebuah framework JavaScript di sisi server yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi waktu-nyata (real-time application). Node.js pertama kali dibuat oleh Ryan Dahl, seorang programmer yang bekerja pada Joyent Inc. pada tahun 2009. Node.js berada dibawah lisensi MIT. Meskipun Node.js merupakan aplikasi open source, kepemilikannya dimilki oleh Joyent sebagai penentu arah pengembangan aplikasi.

Baru-baru ini, sekelompok pengembang utama di Node.js yang tidak puas dengan gaya kepemimpinan di Joyent memutuskan untuk mem-forked Node.js dengan membuat framework JavaScript tandingan bernama io.js. Berikut ini penuturan Mikeil Rogers, dikutip dari wired:

"Kami tidak ingin hanya satu orang yang ditunjuk oleh perusahaan untuk memegang keputusan. Kami ingin kontributor memiliki kontrol lebih dalam pengambilan keputusan".

Berbeda dengan Node.js yang setiap rilis, perbaikan, serta penambahan fitur harus melalui persetujuan orang yang ditunjuk oleh Joyent, io.js menerapkan model open governance. Artinya setiap keputusan dalam pengembangan io.js dipegang oleh sekelompok developer yang aktif berkontribusi bagi io.js dan tergabung dalam suatu technical committee (TC). Keanggotaan TC io.js saat ini terdiri atas:

Ben Noordhuis (@bnoordhuis)
Bert Belder (@piscisaureus)
Fedor Indutny (@indutny)
Isaac Z. Schlueter (@isaacs)
Nathan Rajlich (@TooTallNate)
TJ Fontaine (@tjfontaine)
Trevor Norris (@trevnorris)
Rilis pertama io.js dijadwalkan pada tanggal 13 Januari 2015 yang bertepatan dengan ulang tahun salah seorang anggota TC, Fedor Indutny. Pengembangan io.js juga dapat pembaca pantau melalui situs resminya di http://iojs.org/ atau laman github di https://github.com/iojs.

 

Referensi:

[1] http://readwrite.com/2014/12/04/node-js-fork-io-js [2] http://blogs.dailynews.com/click/2014/12/03/unhappy-node-js-users-fork-joyent-run-project-creating-community-driven-io-js/ [3] http://wesleyio.tumblr.com/post/104637877991/node-js-is-forked-not-f-ed