iRobot Roots, Robot Untuk Belajar Koding

ayu amaliyah 25 Juli 2019

iRobot Roots, Robot Untuk Belajar Koding

Teman-teman mungkin asing mendengar kata-kata iRobot, iRobot merupakan sebuah perusahaan teknologi yang merancang robot-robot untuk digunakan oleh konsumen, yang bisa digunakan didalam rumah dan diluar rumah. Perusahaan ini berlokasi di Amerika, dan didirikan pada tahun 1990 oleh tiga lulusan MIT. Baru-baru ini iRobot telah membuat sebuah produk robot yang bernama Root Robot.

Root merupakan media pendidikan yang mengajarkan pemrograman kepada siswa sejak usia dini. Ia merupakan robot yang dapat beroperasi pada bidang vertikal menggunakan magnetis sehingga dapat dioperasikan di papan tulis. Robot ini akan bergerak dengan dengan merespon garis yang bisa ditulis dan dihapus. Selain berinteraksi dengan garis robot ini juga bisa diprogram menggunakan aplikasi Root Coding pada perangkat iOS dan Android dengan tiga level pengembangan.

Level pertama menggunakan antarmuka grafis dengan tujuan utama untuk mengajarkan keterampilan logika. Di level ini, anak-anak bisa menyelesaikan puzzle menggunakan Root. Sehingga dapat membuat program nyata melalui menggambar, memainkan musik, dan membuat game. fitur yang dipelajari dilevel ini, seperti perulangan, fungsi, pengaturan waktu, langkah program dan debugging.

Level kedua menggunakan program hybrid, yang memberikan antarmuka grafis namun lebih mendetail. Selain memiliki fitur yang ada pada level pertama, ia juga memperkenalkan fitur lain seperti variabel, operasi aritmatika, rekursi, dan paralelisme.

Level terakhir ditujukan untuk mereka yang ingin memprogram Root menggunakan bahasa pemrograman. Di level ini pengguna bisa memprogram Root menggunakan Swift, bahasa pemrograman yang dikeluarkan oleh Apple untuk membuat aplikasi iOS, macOS, dsb.

Dibawah ini contoh gambaran perlevelnya dan produk Root Robot:

Image
Image

Root Robot sendiri sudah dipakai di lebih dari 500 pengguna di sekolah Amerika. Perusahaan iRobot kemungkinan akan memperluas jangkauan pemasarannya ke seluruh dunia.

Produk Root Robot bisa dilihat di website resminya di https://root.irobot.com/collections/root-coding-robots.

Referensi:

https://www.i-programmer.info/news/169-robotics/12893-irobot-roots-for-root-robot.html