4 Library Pemutar Video Open Source Berbasis HTML5

ayu amaliyah 6 Agustus 2019

4 Library Pemutar Video Open Source Berbasis HTML5

Sebagai pengguna file mutlimedia dalam sebuah website merupakan hal yang biasa untuk memperbanyak informasi dan meningkatkan ke interaktifan. Dari semua file multimedia yang ada, video bisa dikatakan sebagai jenis file yang paling baik untuk menyampaikan informasi melalui website.

Untuk menampilkan video di web, dahulu programmer menggunakan player yang dibuat menggunakan Flash. Namun, sejak kebangkitan HTML5, kini player berbasis Flash sudah ditinggalkan dan programmer beralih ke video player berbasis HTML5.

Berikut ini, beberapa library pemutar video berbasis open source HTML5:

Plyr

Image

Plyr merupakan pemutar media HTML5 yang bisa digunakan untuk menampilkan audio, video. Plyr juga bisa dipakai sebagai player dari hosting YouTube dan Vimeo. Sebagai media yang simple, ringan, mudah diakses, serta mendukung untuk semua browser modern, Plyr dapat langsung dicoba lewat cdn atau package npm.

Afterglow

Image

Afterglow merupakan library video player berbasis HTML5 yang gratis dan fleksibel, yang di bangun untuk memudahkan developer dalam menampilkan video di internet. Sama seperti Plyr, library ini juga bisa memutar video dari YouTube dan Vimeo berdasarkan ID.

MediaElement.js

Image

MediaElement.js merupakan library untuk memutar audio dan video HTML5 yang cepat untuk menciptakan nuansa player terpadu untuk file media (MP4, MP3, FLV) serta konten streaming. Selain YouTube dan Vimeo, MediaElement juga mendukung DailyMotion, Facebook serta Twitch.

jPlayer

Image

jPlayer merupakan pustaka media yang sepenuhnya gratis dan open source serta ditulis dalam bahasa pemrograman JavaScript. jPlayer memungkinkan teman-teman untuk membuat player video lintas platform ke dalam halaman website melalui plugin jQuery.

Referensi : https://blog.bitsrc.io/5-open-source-html5-video-players-for-2018-38fa85932afb

Tags
Info-