Jangan Malas Belajar Bahasa Inggris!

Satya Kresna 1 Januari 2016

Jangan Malas Belajar Bahasa Inggris!

Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat selalu. Di penghujung akhir tahun 2015 saya akan mencoba produktif kontribusi buat artikel CodePolitan. Kalau teman – teman ingin berkontribusi tentu bisa! Tinggal bikin akun dan buat artikel sambil baca panduan membuat artikel di CodePolitan.

Langsung ke topiknya yakni Jangan malas belajar bahasa Inggris. Lho, kok dimasukin ke sini sih? Ini kan situs informasi pemrograman! Yap, memang benar. Namun, ada kaitannya dengan pemrograman kok. Ngga percaya? Apa temen – temen pernah gabung komunitas pemrograman di media sosial seperti Facebook? Kalau iya, pasti pernah melihat sekilas tentang percakapan ini.

A: “Gan, ane mau belajar bahasa pemrograman X nih, bagi link nya dong! Tks.”
B: “Ini Gan linknya. Semoga bermanfaat!”
Beberapa menit kemudian….
A: “Lho, kok malah bahasa Inggris sih gan? Bahasa Indonesia ngga ada ya?”
B: “Belum ada lah gan. Pakai Google Translate aja gan kalau bingung. :D”

Atau yang seperti ini

D: “Gan, ane punya problem nih di sini. Ane udah cari di google tapi jawabannya malah bahasa Inggris. Bisa bantu ngga gan?”
C: “Pakai google translate aja gan. Hitung” belajar menerjemahkan.”
D: “Tapi, saya malas gan. Butuhnya cepet nih!”

Nah, kira – kira seperti itu. Teknologi semakin berkembang terutama bahasa pemrograman apalagi kalau dokumentasinya pakai bahasa Inggris. Belum tentu ada seorang developer atau programmer yang ada waktu luang untuk menerjemahkan semua dokumentasi tersebut ke bahasa Indonesia. Apalagi di tahun 2016 ini kita akan kedatangan teman – teman dari berbagai negara di Asia Negara yang berkunjung ke Indonesia untuk mencari kerja, dsb.

Intinya, kita jangan mau kalah bahkan patah semangat ama temen – temen kita yang di negeri seberang. Yuk, kita tunjukkan bahwa para programmer dan developer Indonesia yang muda ini bisa!! Bahasa Inggris bukan penghalang. Dengan modal google translate dan sedikit analisa dalam menerjemahkan pasti kita bisa! :D

Apakah saya sudah bisa menguasai bahasa Inggris? Belum, saya masih belajar. Kalau ada pemecahan masalah dalam bahasa Inggris misalnya di forum SO (Stack Overflow), Quora, dan lain - lain pastinya saya akan baca pelan – pelan dulu, kalau bingung pakai google translate. Itu juga sekaligus memperdalam kosa kata kita. Dan jangan malas nonton video para developer seperti google di Youtube atau film bahasa Inggris. Di sana temen – temen diajarin dengerin omongan lafalnya gimana dan sebagainya, kalau bingung aktifkan subtitlenya atau caption.

Tetap semangat!! Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kata – kata yang kurang berkenan. :)

 

(satyakresna/penjelajahtekno)