Yuk Kenalan Dengan Para Google Developer Expert Indonesia!

Satya Kresna 29 Januari 2016

Yuk Kenalan Dengan Para Google Developer Expert Indonesia!

Di Indonesia, Google telah menemukan bibit – bibit unggul para developer bahkan para marketer berkualitas. Para developer dan marketer ini membuktikan kepada kita bahwa untuk menjadi seorang developer expert yang menyandang nama Google tidaklah mudah. Butuh banyak perjuangan mulai dari pengalaman, belajar dari kesalahan, mengenal banyak teman, mengasah kemampuan di bidang yang ditekuni dan masih banyak lagi. Mereka adalah orang – orang muda seperti kita dan meskipun mereka telah menyandang gelar sebagai Google Developer Expert, mereka tetap berkontribusi untuk melatih, berbagi ilmu dan pengalaman mereka untuk bangsa Indonesia di bidang teknologi.

Siapa kah mereka? Yuk kenalan!

1. Yohan Totting

[caption id="attachment_7385" align="aligncenter" width="512"]Yohan Totting Source: Twitter @tyohan[/caption]

Beliau adalah Google Developer Expert pertama di Indonesia yang berasal dari Bandung. Beliau adalah seorang developer yang fokus pada Client Server Architecture, Backend and API Development, Mobile App Development, HTML5 Development.

Beliau adalah seorang developer yang percaya bahwa web adalah masa depan games dan beragam aplikasi. Banyak gerakan yang beliau hasilkan sebelum menjadi GDE bersama teman – temannya yakni FOWAB dan HackerspaceBDG. Selain itu, beliau pernah menjadi pembicara di Bandung Digital Valley dengan membawakan tema “Optimizing Web Performance” dan “How To Pitch Successfully”. Teman – teman yang penasaran bisa menonton di Youtube dengan mengklik link – link ini:

Kesibukan beliau saat ini adalah bersama teman – teman nya di studio ThinksRoom, aplikasi dan pengembangan game yang fokus di bidang teknologi web. Untuk melihat sepak terjang beliau lebih banyak bisa dibuka di sini: https://developers.google.com/experts/people/yohan-totting

Baca juga 10 Tipe Developer Berdasarkan Google

2. Sidiq Permana

[caption id="attachment_7386" align="aligncenter" width="500"]Sidiq Permana Source: Dicoding Academy[/caption]

Beliau adalah Google Developer Expert di Indonesia yang berasal dari Banten. Beliau adalah seorang developer yang fokus pada Android Developer Expert: “NDK and NFC”, Java: J2SE Programming, Public Speaking: Influencer dan Endorser. Kesibukan beliau saat ini adalah sebagai Chief Innovation Officer di Nusantara Beta Studio dan sebagai inisiator developer mengajar serta jadi public speaking sekaligus mentor di berbagai event Android. Untuk melihat sepak terjang beliau lebih banyak bisa dibuka di sini:

https://developers.google.com/experts/people/sidiq-permana

3. Ibnu Sina Wardy

[caption id="attachment_7387" align="aligncenter" width="500"]Source: Facebook Ibnu Sina Wardy Source: Facebook Ibnu Sina Wardy[/caption]

Beliau adalah Google Developer Expert di Indonesia yang berasal dari Bandung. Beliau adalah seorang developer yang fokus pada Android Application Development, UX Design, Mobile App Framework. Kesibukan beliau saat ini adalah sebagai programmer dan founder di GITS Indonesia serta public speaking sekaligus mentor bersama mas Sidiq Permana di berbagai event Android. Untuk melihat sepak terjang beliau lebih lanjut bisa dibuka di sini:

https://developers.google.com/experts/people/ibnu-sina-wardy

4. Andrew Kurniadi

[caption id="attachment_7388" align="aligncenter" width="256"]Source: Google Developer Source: Google Developer[/caption]

Beliau adalah Google Developer Expert di Indonesia yang berasal dari Jakarta. Beliau adalah seorang developer yang fokus pada Android, Material Design, Wearable, Client Server Architecture, GCM, UI/UX. Beliau merupakan Co – Founder dari Appsindo Technology, sebuah perusahaan di Jakarta yang focus pada mobile & cloud-based solutions.

Beliau pernah membuat sebuah aplikasi android sejak android diperkenalkan salah satunya adalah AK Notepad yang menjadi paling popular di Playstore sebelum diakuisisi oleh catch.com

Kesibukan beliau saat ini menjadi public speaking sekaligus mentor bersama mas Sidiq Permana dan Ibnu Sina Wardy di berbagai event Android.

Untuk melihat sepak terjang beliau lebih lengkap bisa lihat di sini:

https://developers.google.com/experts/people/andrew-kurniadi

5. Yansen Kamto

[caption id="attachment_7389" align="aligncenter" width="407"]Source: Twitter @yansenkamto Source: Twitter @yansenkamto[/caption]

Berbeda dengan para Google Developer Expert Indonesia sebelumnya yang fokus pada developer teknologi, beliau adalah seorang Marketing Expert yang berasal dari Jakarta dan fokus pada Strategic Branding, Go-To-Market Strategy, User Accuisition, Media Relation, Partnership. Beliau adalah seorang penggemar berat teknologi yang dapat menyelesaikan sebuah masalah. Kebanyakan beliau menghabiskan waktunya sebagai incubator dan coworking space di Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Untuk melihat sepak terjang beliau lebih lengkap bisa lihat di sini:

https://developers.google.com/experts/people/yansen-kamto

Baca juga: Jurnal – Jurnal Menarik Seputar Ilmu Komputer di Research Google

6. Nayoko Wicaksono

[caption id="attachment_7390" align="aligncenter" width="378"]Source: StartupBisnis.com Source: StartupBisnis.com[/caption]

Beliau adalah Google Developer Expert Indonesia yang berasal dari Jakarta. Skill yang beliau kuasai fokus pada Partnership & Networking Expert, Project Management, HR Process & Setup, Content Strategy & Marketing, PR, and Branding. Beliau telah berpengalaman membangun online dan bisnis mobile untuk tahap perusahaan awal seperti Zalora.com, Lakupon.com, KMK Online (Liputan6.com, Vidio.com, Bola.com, Bintang.com, Karir.com, Nxtcon.com, dan lain-lain) dan Seekmi.com. Beliau memiliki pengalaman lain di bidang business development, human resource, product, content, strategy, distribution and marketing.

Itu dia tadi para Google Developer Expert di Indonesia, tirulah semangat mereka namun ingat jadilah diri sendiri! Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kata – kata kurang berkenan.

 

(satyakresna/penjelajahtekno)

Sumber: https://developers.google.com