JS1k, Kontes Koding Unik Buat Kamu yang Jago JavaScript

Bagus Aji Santoso 28 Februari 2015

JS1k, Kontes Koding Unik Buat Kamu yang Jago JavaScript

JS1k merupakan kontes koding tahunan yang cukup unik. Dikontes koding ini, kita ditantang untuk membuat program atau game menggunakan bahasa pemrograman JavaScript namun dengan ukuran kurang dari 1024 byte (1 Kb). Halaman website kontes ini dapat diakses melalui js1k.com. 10 peserta terbaik akan dipilih sebagai pemenang oleh 4 juri. Juri-juri tersebut ialah Rey Bango, Soledad Penades, David Nolen, Charles Boccato.

Untuk mengikuti kontes koding ini ada beberapa aturan yang harus ditaati. Pertama ukuran file yang dikumpulkan tidak boleh lebih dari 1024 byte (1 Kb). Apabila melebihi ketentuan maka file yang dikumpulkan akan ditolak oleh server. Kedua tidak boleh menggunakan pustaka eksternal dan API yang tidak diperkenankan (API yang diperbolehkan hanya WebGL, Local File, WebWorkers, Fullscreen, (Mouse) Pointer Lock API, AudioContext. Aplikasi yang dibuat juga harus memiliki tampilan visual alias tidak hany berbasis teks. Dan beberapa aturan lainnya yang dapat pembaca lihat secara lebih lengkap dihalaman rules resmi.

Aplikasi yang dibuat harus diupload sebelum tanggal 15 Maret 2015 tengah malam (GMT+1). Jadi, jika pembaca tertarik dengan tantangan ini tidak ada salahnya untuk ikut berkompetisi. Hadiah yang ditawarkan dapat pembaca lihat disitus resmi mereka, tunggu apa lagi? Masih ada waktu untuk membuat aplikasinya. Daftarkan sampai dengan tanggal 14. Ingat satu orang hanya bisa mengikutkan satu aplikasi. Kunjungi situs mereka di js1k.com.

(bas/js1k)