Kenalan Dengan IBM Bluemix - Layanan Cloud Kaya Fitur

Ahmad Oriza 29 Agustus 2014

Kenalan Dengan IBM Bluemix - Layanan Cloud Kaya Fitur

IBM Bluemix merupakan layanan Cloud - Platform as a Service, yang berfungsi sama seperti Google App Engine (Google), Microsoft Azure (Microsoft), Heroku (Salesforce), dan Amazon Web Service (Amazon). Bluemix dapat menjalankan berbagai aplikasi seperti website, mobile, big data, dan smart devices. Bluemix telah ada sejak Februari lalu, dan pada bulan April tahun ini ada update yang masif. IBM menambahkan banyak services (lebih dari 30 service). Engine dari Bluemix sendiri berbasiskan Cloud Foundry, yaitu open source project untuk membangun layanan Cloud PaaS.

 

 

Bluemix telah dipoles sedemikian rupa dan diintegrasikan dengan software milik IBM, sehingga menghasilkan service API yang begitu beragam. Bahkan beberapa service-nya termasuk dalam kategori Enterprise.

Secara default, platform Bluemix dapat menjalankan beberapa runtime seperti Java, Ruby, dan Node Js. Tetapi yang tidak saya sangka ternyata Bluemix memperbolehkan kita untuk menambahkan sendiri runtime yang kita inginkan. Bagi teman-teman pengguna bahasa pemrograman lain berpeluang untuk menyicipi Bluemix.

Selain runtime, Bluemix juga menyediakan template code, atau biasa disebut dengan Boilerplate. Hal ini tentunya dapat  mempercepat proses development atau sekedar hanya ingin mengulik. Ada Java Cloudant Web Starter, Mobile Cloud, Internet of Things Starter, Node Js Web StarterJava Web Starter, dan Node-RED Starter. Boilerplate tersebut telah menyediakan contoh kode integrasi dengan layanan yang ada di Bluemix.

Bluemix juga menyediakan layanan Mobile Backend as a Service  untuk teman-teman developer mobile app. Juga tidak lupa dengan service database yang beragam. Mulai dari database berbasis DB2 (Dbms yang biasa dipakai di perbankan) sampai No-SQL (Berbasis MongoDB). Layanan ini mirip DBaaS (Database as a Service)  lokal seperti Nowdb.

Jika teman-teman terbiasa membangun aplikasi dengan version control.  Salah satu layanan git milik IBM sangat mendukung hal itu, Jazzhub. Kita dapat langsung deploy repo ke production server di Bluemix. Juga tidak menutup memungkinan layanan Github, Bitbucket dll dapat menyediakan deploy langsung ke Bluemix. Hanya mungkin harus ada setting dan lain lain.  Saya sendiri belum mencobanya langsung.

Tertarik untuk menyicipi Bluemix? Kunjungi langsung disini http://bluemix.net

 

Sumber: http://blog.cloudfoundry.org/tag/bluemix http://www-03.ibm.com/press/us/en/pressrelease/43724.wss http://bluemix.net