Kompetisi Bikin Aplikasi Tebak Karakter Game dan Animanga Lokal

Kresna Galuh 15 Februari 2016

Kompetisi Bikin Aplikasi Tebak Karakter Game dan Animanga Lokal

Sering kali kita bertanya-tanya kapan Indonesia punya karya ini, kapan anak bangsa punya karya itu. Sebenarnya bisa jadi bukannya karena benar-benar memang tidak ada, apalagi anak bangsa kita tidak mampu berkarya, mungkin saja kitanya saja yang belum tahu. Bisa jadi karena yang empunya karya tidak mengerti cara mempublikasikannya padahal karyanya bagus atau bisa juga karena kita yang terlalu apriori terhadap karya lokal dan sudah menanamkan dalam pikiran kita bahwa karya lokal tidak berkualitas. Padahal jangan salah, banyak kok karya-karya lokal yang bagus dan berkualitas.

Kasus di atas salah satunya terjadi dalam industri game dan animanga lokal. Banyak game developer, animator dan mangaka lokal yang sebenarnya memiliki kemampuan dan karya yang baik namun tidak terekspos ke publik. Ya, salah satu masalah utamanya adalah discoverability. Untuk itu, Duniaku, media game dan budaya populer Dicoding mengadakan kompetisi untuk membuat sebuah game yang kelak bisa membantu developer game mendapatkan awareness.

Pada kompetisi ini, developer ditantang untuk merancang sebuah game tebak animanga yang cocok dengan audience duniaku. Game harus mengkombinasikan secara elegan karakter animanga dan karakter game buatan developer Indonesia. Bila pengguna tidak dapat menjawab pertanyaan terkait karakter game lokal, maka akan ada link yang navigasi ke store untuk download game tersebut atau link ke web duniaku (bila pertanyaannya adalah karakter animanga).

Berikut ketentuannya:

Persyaratan Utama

  • Game bertipe kuis dimana pengguna diharuskan menjawab karakter animanga dan tokoh karakter yang ada di game buatan developer Indonesia.
  • Jika pengguna tidak dapat menjawab nama tokoh karakter game buatan developer Indonesia, maka game akan memberikan link ke store agar pengguna dapat download game tersebut.
  • Pengguna harus bisa submit pertanyaan kuis (termasuk upload karakter) ke dalam game.
  • Game boleh menggunakan tools apapun (gratis maupun berbayar).
  • Game harus publish di Google Play Store (wajib), Apple Store (opsional), atau Windows Store (opsional)
  • Juri terdiri dari tim dicoding dan duniaku, serta keputusan juri adalah final.
  • Penggunaan karakter animanga sebaiknya redraw untuk menghindari copyright claim sedangkan untuk submitted quiz disarankan menggunakan DMCA.

Kriteria Penilaian

  • Quality, komponen UX, UI, dan sound effect.
  • Gameplay, kualitas gameplay yang disajikan.
  • Social Effect, kemampuan membuat jadi viral dengan social media.
  • Kemampuan untuk submit pertanyaan kuis karakter game buatan Indonesia (link, gambar, dan jawaban).
  • Banyaknya jumlah karakter game lokal dan animanga yang diikutkan pada saat penjurian menjadi pertimbangan penilaian.

Hadiah

Satu game terbaik (juara 1) akan mendapatkan 20,000 points dan promosi ekslusif di web duniaku. Tiga game terbaik (juara 2, 3, dan 4) akan mendapatkan masing-masing 2,000 points.

Referensi Game

Contact Person

Jika ada pertanyaan seputar challenge, hubungi Robi Baskoro melalui robi.baskoro@duniaku.net

Untuk dapat mengikuti dan melihat lebih detail tentang kompetisi ini silahkan kunjungi tautan berikut: https://www.dicoding.com/challenges/56?refs=bab2b32d78