Larry Wall, Sang Guru Bahasa Perl

Ridwan Fajar 15 Februari 2024

Larry Wall, Sang Guru Bahasa Perl

Ada yang pernah mencoba Bahasa Pemrograman Perl? Jika sudah artinya kamu sudah tau jika Perl adalah sebuah bahasa pemrograman scripting. Secara kompleks Perl merupakan bahasa yang handal untuk text processing dan manajemen sistem. Bahasa Perl Biasanya sudah built-in di Linux ataupun Unix.

Perl kepanjangan dari Practical Extraction and Report Language. Apa yang Istimewa dari Bahasa Pemrograman Perl? Jadi fitur - fitur perl tergolong handal mulai dari bahasa C, sed, awk, sh, csh, dan Basic-plus. Di balik kehebatannya, tahukah siapa penciptanya? Jika penasaran Yuk kita ulas sampai habis keistimewaan Bahasa Perl dan Kita ulas orang hebat di balik bahasa ini.

Profil Larry Wall

Larry Wall adalah Sang Guru dari Bahasa Perl dimana Beliau lahir pada tanggal 27 September 1954. Wall tumbuh besar di South Los Angeles, kemudian pindah ke Bremerton, Washington. Larry Wall adalah pencipta bahasa pemrograman Perl. Beliau memulai Pendidikan tinggi di Seattle Pacific University di jurusan Kimia dan Musik pada tahun 1976.

Kemudian pra-kedokteran dengan jeda beberapa tahun bekerja di pusat komputasi universitas sebelum lulus dengan gelar sarjana dalam Natural and Artificial Languages. Saat melanjutkan magister di University of Berkeley, Larry Wall dan istrinya yang bernama Gloria Wall, melakukan penelitian linguistik dengan tujuan mengembangkan tulisan bagi bahasa yang pada saat itu belum mempunyai sistem tulisan di Afrika.

Mereka akan menggunakan sistem penulisan baru ini untuk menerjemahkan berbagai teks ke dalam bahasa tersebut. Akan tetapi rencana ini di batalkan karena di sebabkan kesehatan mereka. Setelah menyeselaikan Pendidikan pascasarjana, beliau bekerja di NASA Jet Propulsion Laboratory.

Baca Juga: Yukihiro Si jenius dari Negeri Samurai Perancang Bahasa Pemrograman Ruby

Prestasi Larry Wall

Selain menciptakan Bahasa pemrograman Perl yang ikonik, Jadi Larry Wall ini memiliki sejumlah prestasi lain yang patut di catat lho. Beliau meraih penghargaan Award for the “Advancement of Free Software” dari Free Software Foundation dan karena kontribusi besar di bidang teknologi, beliau juga menerima penghargaan “The Geek of the Year” dari majalah Wired pada tahun 1998. Beliau memenangkan International Obfuscated C Code Contest sebanyak dua kali, dan menjadi “Benevolent Dictator for Life” untuk proyek pengembangan Bahasa Perl.

Wall menerima Penghargaan "Software Development Lifetime Achievement" dari SD Times pada tahun 2011. Beliau juga menjadi pelopor Pemrosesan Teks, sebab Perl terkenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam menangani sebuah teks dan data. Pengaruhnya sangat terasa dalam berbagai bidang seperti bioinformatika, linguistic komputasi, dan pengembangan web.

Kontribusinya dalam komunitas Open Source menjadikannya pembimbing pada pergerakan ini melalui pengembangan Perl dan keterlibatan aktifnya dalam komuntas Perl. Penekanannya soal pentingnya kolaborasi dan berbagi pengetahuan dijadikan prinsip inti dari budaya open source. Oleh karena itu Bahasa Perl tetap menjadi bahsa pemrograman yang penting dan banyak digunakan hingga saat ini, terutama untuk tugas-tugas pemrosesan teks dan otomatisasi. Ini adlah bukti dari visi dan keterampilan teknis Wall yang mencipatakan bahsa fleksibel, kuat, dan bermanfaat.

Fakta Unik Pendiri Bahasa Perl

Di luar pencapaian teknisnya, Wall juga memiliki sejumlah fakta unik yang mungkin beberapa dari kalian belum ketahui. Larry Wall diketahui memiliki banyak nama panggilan lhoo, seperti Randal L. Schwartz, Tlön, Uqbar, dan Orbis Tertius. Hal itu dikarenakan ada sebuah tradisi di dalam komunitas Perl, bahkan beliau mendorong oranglain untuk melakukan hal yang sama dan itu menjadi sebuah hal umum bagi programmer untuk memiliki nama panggilan di komunitas tersebut.

Selain hal tersebut Larry Wall mengungkapkan mengapa beliau memiliki banyak nama panggilan untuk melindungi privasinya dan menghindari perhatian yang tidak diinginkan.

Kelebihan Bahasa Perl dalam memproses teks dan data itu disebabkan karena minat besar beliau terhadap seni linguistik dan beliau pernah mempelajari Bahasa Ibrani, Yiddish, dan Latin. Sebab ketertarikannya di bidang linguistic beliau menerbitkan beberapa buku tentang Perl seperti Programming Perl dan Perl Cookbook yang diterbitkan oleh O'Reilly Media. Selain itu beliau aktif mengisi acara di Yet Another Perl Conference dan dikenal sebagai sosok yang memiliki selera humor yang tinggi, tak heran jika di beberapa presentasi, ceramah bahkan buku yang diciptakannya, beliau sering menyisipkan lelucon ke dalamnya.

Baca Juga: ChatGPT, Mitra atau Saingan? Eksplorasi Peran Kecerdasan Buatan dalam Pemrograman

Kepribadian Larry Wall

Dengan berbagai prestasi dan kontribusinya di dunia teknologi, Larry Wall juga dikenal sebagai seorang aktivis lingkungan. Wall memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan juga aktif terlibat di dalam proyek-proyek pelestarian. Pada tahun 2000 Larry Wall dan Tim Bunce mendirikan The Perl Foundation bertujuan untuk mendukung proyek-proyek open source yang bermanfaat bagi lingkungan.

Selain itu beliau membuat sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk melindungi hutan tropis yang bernama The Rainforest Action Network, dengan beberapa proyek yang sudah dijalankan seperti, kampanye untuk memboikot perusahaan yang terlibat dalam penebangan hutan dan melakukan penggalangan dana untuk mendukung upaya pelestarian hutan.

Keterlibatan Larry Wall dalam proyek-proyek lingkungan lainnya yang menarik perhatian mincods adalah The Perl for the Planet Challenge, sebuah kompetisi pemrograman yang menanntang programmer untuk menggunakan Perl dalam menyelesaikan masalah lingkungan. Masih ada banyak lagi proyek-proyek lingkungan yang dikerjakan beliau, jika kalian tertarik untuk membacanya langsung saja klik di sini.

Soo, dedikasi Larry Wall terhadap lingkungan merupakan contoh bagi banyak orang. Beliau menunjukan bahwa programmer dapat menggunakan keterampilan mereka untuk membuat perbedaan postif yang mendalam bagi dunia. Sekian, semoga menambah pengetahuanmu!

sumber :