Mashape, Marketplace untuk API Provider dan Consumer

Ahmad Oriza 6 Juli 2015

Mashape, Marketplace untuk API Provider dan Consumer

Sudah lama penulis tidak tengok Mashape, sekarang makin banyak saja produk API yang di submit provider.

Mashape sendiri merupakan marketplace untuk API (web service), dimana API Provider dapat memasarkan API untuk digunakan secara gratis ataupun berbayar. Selain menjadi katalog, Mashape juga sebenarnya merupakan platform. Mashape menjadi penengah antara API Provider dan Consumer (Middle API). Semua request akan melalui Mashape terlebih dahulu untuk keperluan statistik dan tracking penggunaan.

[caption id="attachment_4967" align="aligncenter" width="438"]mashape1 Halaman explore API[/caption]

Dari kacamata consumer, memang penulis akui dengan adanya API pihak ketiga, kita dapat memangkas sekali effort dalam pembuatan product. Tidak semuanya harus kita buat dari nol, seperti hal nya penggunaan package/library. Malahan kita dapat membuat product baru dari pemanfaatan API pihak ketiga

[caption id="attachment_4969" align="aligncenter" width="452"]Halaman Quick Trial Mashape Dashboard[/caption]

Banyak API menarik yang tersedia di Mashape, seperti face recognizer, text to speech, natural language processing, flight & hotel, meme generator, sms service (seperti Twilio). Ada juga API yang menurut penulis lucu seperti Yoda Speak yang dapat menerjemahkan kalimat jadi suara Yoda sang Jedi Master.

[caption id="attachment_4968" align="aligncenter" width="438"]mashape2 Halaman detail API Product[/caption]

Di setiap halaman detail API, Mashape menyediakan sample penggunaan dalam beberapa bahasa pemrograman. Ruby, python, node, objective-c, ruby, php dan .net . API nya sendiri menganut Restful. Tersedia juga quick trial berbasis GUI.

Tertarik untuk mengexplore Mashape? . Teman-teman dapat mengunjungi Mashape disini http://www.mashape.com/ .