Mau IDE Professional Buatan Jetbrains Gratis? Ini Dia Caranya

Bagus Aji Santoso 7 Juni 2015

Mau IDE Professional Buatan Jetbrains Gratis? Ini Dia Caranya

JetBrains merupakan perusahaan yang bergerak di pengembangan perangkat lunak, khususnya aplikasi perangkat lunak IDE. Produk IDE yang diproduksi oleh JetBrains digunakan oleh lebih dari 64.000 perusahaan top dunia seperti VALVE, Expedia, Toyota, HP, Twitter, Siemens, Xerox, Apple, dll. Selain digunakan oleh perusahaan, IDE mereka juga digunakan oleh lebih dari 1.000.000 developer diseluruh dunia dengan 45.000 pengguna baru setiap bulannya.

Dibangun pada tahun 2000 dengan hanya mengenalkan IntelliJ Renamer, sebuah aplikasi untuk me-refactor kode Java, kini JetBrains telah memproduksi beragam IDE dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya. IDE yang telah diproduksi oleh JetBrains antara lain IntelliJ IDEA untuk Java, PhpStorm untuk PHP, PyCharm untuk Python, RubyMine untuk Ruby, WebStorm untuk JavaScript, AppCode untuk Objective C, CLion untuk C/C++, dan ReSharper untuk .NET.

[caption id="attachment_4521" align="aligncenter" width="600"]Wikimedia Commons CC BY-SA 3.0 Wikimedia Commons CC BY-SA 3.0[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="1968"] PyCharm (Jetbrains.com)[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="1239"] PHPStorm (Wikimedia Commons)[/caption]

Kualitas IDE yang diproduksi oleh JetBrains diakui sebagai IDE yang sangat berkualitas. Bahkan raksasa teknologi dunia Google mempercayakan pembuatan Android Studio, IDE untuk membuat aplikasi Android dikembangkan dengan  IntelliJ IDEA.

[caption id="attachment_4519" align="aligncenter" width="600"]Android Studio (Wikimedia Commons) Android Studio (Wikimedia Commons)[/caption]

Edisi professional dari IDE besutan JetBrains memang tidak murah jika dirupiahkan. Rata-rata lisensi IDE dari JetBrains dijual seharga $99 untuk individual developer. JetBrains juga menyediakan community edition alias edisi gratis dari beberapa IDE-nya seperti PyCharm dan IntelliJ IDEA namun dengan banyak keterbatasan.

Yang membuat penulis salut dengan JetBrains adalah kepeduliannya dengan dunia pendidikan dan open source software. JetBrains berani membagikan IDE edisi professional miliknya secara gratis untuk mahasiswa, dosen, institusi pendidikan, proyek open source, lembaga pelatihan, bahkan komunitas-komunitas yang berhubungan dengan produk-produk JetBrains.

Mahasiswa, Dosen, dan Institusi Pendidikan

Screenshot from 2015-06-07 13:45:38Jika pembaca masih berstatus mahasiswa ataupun dosen, JetBrains dapat memberikan akses gratis untuk menggunakan 11 IDE mereka secara gratis selama satu tahun. IDE yang tersedia adalah ReSharpher, IntelliJ IDEA, PhpStorm, dotTrace, RubyMine, WebStorm, dotCover, PyCharm, AppCode, dotMemory, dan CLion. Untuk mengambil kesempatan ini, kunjungi alamat https://www.jetbrains.com/student/ dan klik tombol Apply Now.

[caption id="attachment_4528" align="aligncenter" width="600"]Isi data yang diminta Isi data yang diminta[/caption]

Dihalaman selanjutnya, isi data-data yang diminta seperti status (mahasiswa atau dosen), nama lengkap, dan alamat email. Penting untuk diingat, bahwa alamat email yang disertakan harus menggunakan domain kampus tempat belajar/mengajar. Contohnya penulis menggunakan alamat bagus.aji@student.upi.edu. Setelah data terisi, klik tombol Apply for Free Products. Selanjutnya ikuti petunjuk yang akan dikirikan ke alamat email yang kita masukkan tadi.

Cara di atas hanya berlaku untuk individu mahasiswa ataupun dosen. Apabila ingin mendapatkan lisensi untuk institusi pendidikan seperti Universitas, Sekolah Tinggi, Politeknik, SMA/SMK, maka petugas institusi yang bersangkutan harus mendaftarkan institusinya melalui halaman Get classrom license as Faculty.

[caption id="attachment_4523" align="aligncenter" width="600"]Halaman untuk institusi pendidikan formal Halaman untuk institusi pendidikan formal[/caption]

Sama halnya dengan institusi pendidikan formal, lembaga-lembaga pelatihan yang ingin mendapatkan lisensi JetBrains harus mendaftarkan lembaganya melalui halaman Get classrom license as Training.

[caption id="attachment_4524" align="aligncenter" width="600"]Halaman untuk lembaga pelatihan atau kursus Halaman untuk lembaga pelatihan atau kursus[/caption]

Proyek Open Source

Jika pembaca merupakan pengembang aplikasi open source, pembaca juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan lisensi gratis dari JetBrains. Namun ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi yaitu:
  • Pendaftar harus ketua tim pengembang aplikasi
  • Sesuai dengan definisi open source
  • Berusia setidaknya 3 bulan
  • Aplikasi Aktif dikembangkan
  • Telah memiliki komunitas yang aktif (dibuktikan dengan adanya forum, newsgroup, atau mailing list)
  • Tidak terdapat versi berbayar
  • Memiliki website resmi dan bagian News harus terus terbarukan.
Kunjungi halaman Open Source Project Sponsorship untuk mendaftarkan proyek open source yang pembaca kembangkan.

Diskon untuk Startup

Startup memang tidak mendapatkan lisensi gratis namun JetBrains memberikan diskon 50% untuk semua produk JetBrains, tidak hanya IDE. Meskipun tujuan utama artikel ini untuk mendapatkan lisensi gratis dari JetBrains, informasi diskon untuk startup ini tetap penulis tambahkan mengingat perkembangan startup digital di Indonesia yang semakin hari semakin ramai.

Apabila ingin mendapatkan diskon 50%, startup yang pembaca daftarkan harus memenuhi beberapa kriteria:

  • Tidak berusia lebih dari 3 tahun
  • Tidak mempunyai karyawan lebih dari 10 orang
  • Bisnis diranah produk atau servis berbasis software, dan
  • Memiliki website resmi
Untuk informasi lebih lanjut mengenai diskon untuk startup kunjungi halaman Startup Discount Plan.

(bas/jetbrains)