Membuat Pemutar Audio Sederhana di Android dengan ExoPlayer

Bagus Aji Santoso 18 Januari 2018

Membuat Pemutar Audio Sederhana di Android dengan ExoPlayer

Halo teman-teman, kali ini kita akan belajar bagaimana membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio dan pustaka ExoPlayer. ExoPlayer merupakan pustaka yang dikembangkan di atas low level Android API dan menjadi alternatif terbaik bagi MediaPlayer, pustaka lainnya yang tergabung didalam framework Android.

Pertama, buat dulu proyek Android baru di Android Studio. Beri nama sesuai keinginan, disini penulis menggunakan nama Pemutar Android Sederhana, minimum Android SDK level 16, dan template Basic Activity. Perlu diketahui bahwa untuk membuat ExoPlayer bekerja, kita harus menggunakan minimum Android SDK level 16.

Tambah Dependensi

Tambahkan baris dependensi berikut di file build.gradle (Module: app) dengan kode berikut:

compile 'com.google.android.exoplayer:exoplayer:2.6.1'

Lakukan sync now untuk memasang dependensi ExoPlayer tersebut.

Dengan menambahkan dependensi di atas, kita sudah mendapatkan paket ExoPlayer yang lengkap. Apabila hanya ingin menggunakan bagian tertentu dari ExoPlayer, misal hanya ingin memiliki fitur putar audio tanpa menggunakan UI bawaan, kita juga bisa menulis dependensi permodul seperti berikut:

compile 'com.google.android.exoplayer:exoplayer-core:2.X.X'
compile 'com.google.android.exoplayer:exoplayer-dash:2.X.X'
compile 'com.google.android.exoplayer:exoplayer-ui:2.X.X'
compile 'com.google.android.exoplayer:exoplayer-hls:2.X.X'
compile 'com.google.android.exoplayer:exoplayer-smoothstreaming:2.X.X'

Memutar File Audio Lokal

Sekarang buka file MainActivity.java lalu tulis kode berikut.

Dibaris 39, pastikan kelas Util yang dipakai di import dari com.google.android.exoplayer2.util.Util

Dibaris 43, siapkan sendiri file mp3 yang akan pembaca putar. Untuk contoh ini, penulis menggunakan salah satu audio dari Youtube. Simpan file mp3 tersebut di folder bernama assets yang letaknya satu level dengan folder java dan res.

Image

Play The Audio

Sekarang, silahkan jalankan aplikasi ini. Saat aplikasi dibuka, audio yang sudah kita siapkan akan langsung diputar diputar karena pemutaran video (simpleExoPlayer.setPlayWhenReady(true)) berada di dalam fungsi initExoPlayer yang kita panggil di onStart (jika menggunakan Android Nougat ke atas) dan onResume (jika menggunakan Android Marshmallow ke bawah).

Jangan lupa, setiap menggunakan ExoPlayer, kita harus me-release-nya. Hal ini harus dilakukan agar penggunaan memori menjadi lebih efisien. Jika tidak di release, maka space memori yang dipakai oleh ExoPlayer akan tetap berkelana di memori meski sudah tidak dipakai.

Penutup

Aplikasi yang kita buat saat ini masih sangat sederhana, memutar audio dan menuggu sampai ia habis. Lalu bagaimana jika kita ingin mempercepat pemutaran audio? Bagaimana jika ingin kita putar lagi setelah selesai? Nah, untuk melakuan hal tersebut kita akan menggunakan SimpleExoPlayerView. Kita akan belajar cara menambahkan UI sederhana untuk pemutaran audio di tutorial mendatang. Stay tuned ya.

Source code bisa diunduh di sini