Mengapa Developer Harus Menghadiri Indonesia Developer Summit

Kresna Galuh 10 November 2017

Mengapa Developer Harus Menghadiri Indonesia Developer Summit

November ini, tepatnya 21-23 November 2017, Refactory, CodePolitan dan komunitas PHP Indonesia akan mengadakan hajatan besar bagi developer Indonesia, yaitu Indonesia Developer Summit. Dalam Indonesia Developer Summit atau DevSummit, akan ada serangkaian acara menarik yang nantinya bisa diikuti oleh para developer, yaitu conference, hackathon dan exhibition.

Tema yang akan diangkat dalam Indonesia Developer Summit mencakup 3 hal, yaitu Artificial Intelligence, Blockchain, dan Open Source. Kamu bisa membaca lebih detail tentang tema yang ada pada Indonesia Developer Summit melalui artikel berikut: 3 Topik Besar Indonesia Developer Summit.

Nggak cuma konsep acara dan tema-tema yang diangkat dalam Indonesia Developer Summit yang akan menarik. Para speaker yang akan menghadiri Indonesia Developer Summit juga bukan orang sembarangan, ada beberapa nama besar yang siap memberikan materi dan insight kepada developer Indonesia dalam Indonesia Developer Summit. Beberapa nama besar, tersebut seperti Ariya Hidayat, Creator of PhantomJS & Esprima yang akan membawakan materi Unlocking Your Potential: The Purification Framework. Ada juga Alexander Makarov, Yii Framework Core Developer yang akan membawakan materi OpenSource from Inside. Serta ada Galvin Widjaja, Founder of Lauretta.io yang akan membawakan tema Expert Systems: Transfer Learning and it's Impact on Your Next Big Project. Dan masih banyak yang lainnya.

Kamu bisa saksikan kesaksian para speaker yang akan menghadiri acara Indonesia Developer Summit melalui beberapa video berikut:

Dari penjelasan yang telah disampaikan di atas mungkin teman-teman pembaca CodePolitan sudah punya gambaran kenapa acara ini sangat cocok bagi developer, terutama bagi developer yang ingin terus berkembang meningkatkan skill. Nah agar lebih jelas, berikut akan dijelaskan beberapa alasan mengapa kamu sebagai developer mesti mengikuti acara Indonesia Developer Summit:

Mendapatkan insight baru

Dalam Indonesia Developer Summit nanti akan banyak dihadirkan berbagai speaker yang luar biasa bahkan beberapa di antaranya kaliber internasional. So, pasti kamu akan banyak mendapat insight-insight baru terkait development yang pastinya akan mendukung aktivitas dan karirmu sebagai seorang developer.

Belajar teknologi-teknologi baru

Ada 3 tema besar yang akan diangkat dalam Indonesia Developer Summit. Bagi kamu yang ingin lebih memperdalam lagi tentang Artificial Intelligence, Blockchain, dan Open Source, ini merupakan kesempatan baik bagi kamu untuk belajar langsung dari ahlinya.

Mengikuti hackathon

Bagi kamu yang menyukai tantangan, kamu bisa mengikuti DevSummit Hackathon dan tentu saja akan berpeluang mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah. Ini juga bisa jadi momen yang pas untuk menguji skill dan kreativitas kamu dalam mengembangkan sebuah produk. Bagi kamu yang ingin mengikuti hackathonnya, silahkan kunjungi laman berikut untuk informasi lebih lanjut: https://devsummit.io/hackathon.

Menambah motivasi untuk upgrade skill

Sebagai manusia, tentu saja kita sering mengalami yang naik-turunnya semangat. Karena kita bukan robot yang tanpa emosi. Kadang ada banyak hal mempengaruhi mood dan semnagtak kita, terutama dalam kaitanya dengan coding. Itu adalah hal yang wajar-wajar saja. Bahkan tokoh dunia sekalipun pasti akan mengalami yang namanya masa jenuh dan kurang semangat untuk melakukan sesuatu.

Namun, betapapun demikian, hidup kita senantiasa berjalan. Tantangan dan tuntutan tidak akan menunggu kita hingga kita kembali bersemangat lagi, itulah mengapa kita membutuhkan motivasi untuk terus menjaga semangat kita untuk tetap membara. Apalagi kita berada dalam sebuah segmen yang senantia berkembang setiap saat, yaitu teknologi. Kita berhenti sebentar saja, pasti akan membuat kita harus mengejar ketertinggalan.

Oleh karena itu, momen DevSummit adalah momen yang cocok untuk kita kembali melakukan charge semangat kita agar terisi penuh kembali. Kita akan berkumpul dengan orang-orang hebat yang tentu saja akan menginspirasi kita. Kita akan mendapatkan insight-insight baru yang akan membuat kita sadar posisi kita bahwa kita harus terus belajar.

Memperluas jejaring sesama developer

Seorang developer memang bekerja melalui komputer, namun bukan berarti kita tidak harus bersosialisasi dan bertemu orang lain. Mungkin banyak orang yang tidak memahami apa yang kita lakukan dan kerjakan, sehingga mungkin obrolan kita tidak nyambung dengan mereka. Tapi percayalah, kita tidak sendiri. Banyak developer hebat di sana yang bisa kita temui dan kita bisa belajar darinya. memperluas jejaring, apalagi sesama developer selalu menjadi hal yang baik. Ya, selain kita bisa saling berbagi pengalaman, ide dan ilmu, mungkin juga sebagian rezeki kita bisa berasal dari mereka ke depannya. Misalnya dengan berbagi informasi proyek. Bukankah itu bisa saja terjadi?


Itu tadi beberapa alasan, mengapa kamu sebagai developer harus mengikuti Indonesia Developer Summit. Sebelum kita akhiri pembahasan ini, berikut akan saya lampirkan beberapa video dari para developer yang hendak mengikuti Indonesia Developer Summit:

Oke, sepertinya menarik. Gimana cara ikutannya?

Buat kamu yang ingin mengikuti acara Indonesia Developer Summit, caranya sangat mudah. Kamu tinggal mendownload aplikasi mobilenya melalui tautan di bawah ini. Kemudian install aplikasinya, dan order ticket melalui aplikasi. Info lengkapnya bisa kamu lihat di: Aplikasi DevSummit untuk Semua Kemudahan Akses Indonesia Developer Summit

Acaranya berbayar ya?

Ya betul, acaranya berbayar. Tapi bukankah selalu ada harga untuk sebuah investasi? Beberapa rupiah yang kamu keluarkan sebagai investasi masa depan tentu bukanlah sebuah kerugian. Apalagi dengan berbagai manfaat yang kamu bisa dapatkan seperti yang disebutkan di atas. Info lengkap tentang harga tiketnya bisa kamu lihat melalui aplikasi mobile DevSummit.

So, tunggu apa lagi! Ini sebuah kesempatan berharga yang sangat mubadzir untuk dilewatkan. Belum tentu akan adalagi acara semisal ini. Dan kalaulah nanti akan ada lagi, tentu saja tema, pemateri dan momennya sudah berbeda. Buruan daftar dan dapatkan tiketnya sekarang! Mumpung masih ada waktu.

Kami tunggu di Indonesia Developer Summit.

#CelebrateProgramming