Mengenal PyScript pesaing JavaScript

Faisal Hanafi
Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 08.27

Hallo coders.. udah tau belum Javascript sekarang ada pesaingnya lho, namanya Pyscript. Bagi kamu yang saat ini sedang mempelajari Python mungkin bisa coba-coba Pyscript nih. Karena Pyscript baru saja diumumkan di Pycon 2022 ke pengembang Python. Dan sekarang lagi naik daun.

Pyscript adalah sebuah framework untuk membuat website menggunakan bahasa Python di browser (Run di client / browser). Untuk mencicipi Pyscript kita bisa pakai CDN berikut ini :

<link rel="stylesheet" href="https://pyscript.net/alpha/pyscript.css" />
<script defer src="https://pyscript.net/alpha/pyscript.js"></script> 

Temen-temen juga bisa kunjungi link official Pyscript berikut ini https://pyscript.net. Download file Pyscript berupa Pyscript.css dan Pyscript.js agar bisa di jalankan dan dikembangkan secara offline.

Kemudian gunakan tag berikut pada bagian body :

<py-script>print("Hallo, Coders")</py-script> 

Next, jalankan file html tersebut pada browser, berikut script lengkapnya :

Mudah bukan coders? tidak jauh berbeda dengan Javascript dalam penggunaannya. Namun dengan kemudahan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan juga dalam Pyscript ini. Karena memang masih dalam tahap pengembangan. Kekurangan dari Pyscript sendiri mungkin adalah dukungan dari komunitasnya. FYI, sebelum Pyscript ada, ternyata juga ada tools serupa bernama Brypython, hanya saja Brypython tidak seperti Pyscript yang langsung berjalan dibrowser, meski kegunaannya sama, untuk kebutuhan client side.

Demikian penjelasan singkat tentang Pyscript. Saat ini, tools tersebut masih terus dikembangkan agar dapat digunakan di berbagai platform, seperti halnya Javascript. Tidak menutup kemungkinan bisa kita pakai secara Fullstack di kemudian hari.

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini