Meteor.js 1.1 Kini Hadir di Windows

Bagus Aji Santoso 4 April 2015

Meteor.js 1.1 Kini Hadir di Windows

Halo sahabat, ada kabar gembira nih buat kita semua. Tenang, bukan kabar tentang kulit buah yang ada ekstraknya. Kabar gembiranya adalah Meteor.js kini tersedia bagi sistem operasi Windows.

Meteor.js adalah framework JavaScript yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi web interaktif hanya dengan satu bahasa (JavaScript) baik di sisi backend maupun frontend-nya. Selama ini Meteor.js hanya tersedia di sistem operasi Mac OSX dan Linux. Developer yang menggunakan sistem operasi Windows harus menggunakan virtual machine (VirtualBox atau VMWare) dengan sistem operasi Linux agar dapat mengembangkan aplikasi dengan Meteor. Dengan dirilisnya Meteor.js 1.1 pada tanggal 31 Maret yang lalu, sekarang kita sudah bisa mengembangkan aplikasi web dengan Meteor secara langsung di sistem operasi Windows.

Versi Windows yang didukung Meteor.js 1.1 adalah Windows 7, Windows 8.1, Windows Server 2008, dan Windows Server 2012. Dirilis yang akan datang tim pengembang Meteor.js berencana untuk menyempurnakan Meteor.js bagi Windows termasuk mengintegrasikan Meteor dengan Visual Studio. Bahkan mereka menambah komputer Windows demi untuk memperlancar tujuan ini.

Selain menambah dukungan untuk Windows, Meteor.js 1.1 juga telah mendukung MongoDB 3.0, yang dirilis bulan lalu. Perubahan lengkap pada versi terbaru Meteor.js dapat anda baca di release notes.

Ingin mencoba langsung Meteor.js di Windows? Kunjungi tautan berikut ini dan ikuti panduan yang diberikan. Jika pembaca berada di wilayah Jakarta, beberapa hari yang lalu di Jakarta telah diadakan meetup (diulas oleh Codepolitan di artikel Cerita dari Meteor Meetup Jakarta - April 2015) yang akan kembali diadakan bulan depan. Jika pembaca tertarik, nanti bisa ikutan meetup selanjutnya.

Selamat ngoprek Meteor.js di akhir pekan.

 

Sumber : https://www.meteor.com/blog/2015/03/31/meteor-11-microsoft-windows-mongodb-30