Microsoft Umumkan Live Share, Fitur Kolaborasi Real Time Untuk Visual Studio

Bagus Aji Santoso 17 November 2017

Microsoft Umumkan Live Share, Fitur Kolaborasi Real Time Untuk Visual Studio

Hamipr bersaman dengan Teletype dari Github, Micorsoft juga merilis kolaborasi real time bernama Visual Studio Live Share. Fitur ini dapat dipakai di editor besutan Microsoft, Visual Studio IDE dan Visual Studio Code.

Jika pembaca sudah membaca berita tentang Teletype dari Github, teknologi Live Share bekerja kurang lebih sama dengan Teletype. Fitur ini memungkinkan kita melakukan kolaborasi dalam satu kumpulan kode yang sama secara bersamaan dengan orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan editor masing-masing.

Kolaborasi Secara Real Time dengan Teletype for Atom

Kode yang dibuka dengan orang lain tersedia lewat sebuah layanan cloud yang aman. Live Share juga tidak hanya membagikan kode saja tapi juga project tree, code navigation, search, dan fitur editor lain seperti IntelliSense, statement completion, dan suggestion. Selain itu, Live Share juga dapat melakukan debugging dari jarak jauh secara real time. Untuk melihat bagaimana proses kolaborasi di Live Share terjadi, silahkan intip video berikut.

Saat ini Live Share masih dalam tahap preview dan baru tersedia untuk percobaan terbatas bagi masyarakat Amerika Serikat. Diharapkan fitur ini dapat dirilis ke publik pada awal tahun 2018 nanti dan dibatasi hanya untuk Node.js dan service serta aplikasi berbasis ASP.NET/ASP.Net Core (C#).

Sumber: i-programmer, visualstudio

Gambar sampul: techspot