0

0

0

share


#Info#mozilla#Firefox#dokumentasi

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Mozilla Developer Network Bersiap Ganti Nama

Profile

Bagus Aji Santoso9 Juni 2017

Mozilla Developer Network Bersiap Ganti Nama

Mozilla Developer Network (MDN) merupakan salah satu referensi pemrograman web paling lengkap. Karena namanya (Developer Network) dinilai tidak mencerminkan maksud dan tujuan dari MDN itu sendiri, maka Mozilla memutuskan untuk melengkapi nama MDN menjadi MDN Web Docs. Logo untuk MDN bahkan sudah disiapkan dengan brand Mozilla yang baru. Berikut penampakannya:

Image

MDN sudah beberapa kali berganti nama. Awal sejarah MDN berasal dari DevEdge, dokumentasi online milik peramban Netscape. Pada tahun 2004, DevEdge ditutup oleh AOL namun dibangkitkan lagi oleh Mitchell Baker pada tahun 2005 dengan kesepakatan, Mozilla dapat memposting materi baru dan memodifikasi materi yang telah ada. Dari DevEdge, Mozilla mengganti namanya menjadi Mozilla Developer Center dan kemudian menjadi Mozilla Developer Network (MDN) pada tahun 2010.

Selain nama, Mozilla juga sempat mengganti engine dokumentasinya. Saat dibangkitkan lagi dari DevEdge, Mozilla menggunakan MediaWiki, tiga tahun berikutnya MediaWiki diganti dengan MindTouch DekiWiki sebelum akhirnya diganti lagi menggunakan Kuma yang hingga saat ini masih digunakan.

Perbaruan lain yang juga dilakukan oleh Mozilla adalah memisahkan dokumentasi web dengan dokumentasi produk. Saat ini di beranda MDN, terdapat tautan yang mengarah ke dokumentasi web dan dokumentasi produk. Namun, 95% traffic yang masuk menargetkan dokumentasi web sehingga dokumentasi produk diputuskan untuk dipisah.

Beberapa fitur tengah disiapkan untuk MDN Web Docs, bahkan desain baru juga sedang dikerjakan. Pembaca dapat mengusulkan fitur baru di forum diskusi dan menjadi beta tester untuk mendapatkan akses ke desain web MDN yang baru.

(i-programmer/mozilla)

<a style="background-color:black;color:white;text-decoration:none;padding:4px 6px;font-family:-apple-system, BlinkMacSystemFont, "San Francisco", "Helvetica Neue", Helvetica, Ubuntu, Roboto, Noto, "Segoe UI", Arial, sans-serif;font-size:12px;font-weight:bold;line-height:1.2;display:inline-block;border-radius:3px;" href="http://unsplash.com/@berry807?utm_campaign=photographer-credit" target="_blank" rel="noopener noreferrer" title="Download free do whatever you want high-resolution photos from Berry van der Velden">Berry van der Velden