Mudahnya Membuat Presentasi dengan Remark JS

Zen 19 November 2018

Mudahnya Membuat Presentasi dengan Remark JS

Pernah merasakan lelahnya membuat presentasi dengan Microsoft PowerPoint, WPS Presentation, atau Keynote karena harus geser sana-sini dalam membuat suatu presentasi? Ingin mencoba membuat presentasi yang hanya bermodalkan kode aja tanpa menggunakan GUI dalam membuatnya? Jika semua jawabannya iya, maka pembaca perlu mencoba Remark.js.

Oke, kita akan mencoba menggunakan Remark.js untuk membuat presentasi. Remark.js ini bisa dibuat hanya menggunakan browser dan text editor semacam Notepad, Notepad++, Sublime Text Editor, Atom, ataupun Bracket dalam membuatnya. Lalu apa bedanya antara Remark.js dengan Reveal.js? Reveal.js membuat slide presentasi menggunakan format HTML sedangkan kalau Remark.js, kita menggunakan Markdown yang memiliki sintaks relatif lebih mudah. Sekarang, ayo kita coba buat.

Pertama, buat file bernama index.html berisi di bawah ini:

carbon

Lihat source code →

Hasil dari kode di atas adalah:

1
2
3

Untuk mempercantik kita bisa menggunakan Bootstrap yang bisa di unduh di website resminya dan simpan ke dalam folder bootstrap/css/bootstrap.min.css. Untuk file remark-latest.min.js, kamu bisa mendownloadnya dari situs resmi Remark.js.

Untuk cara menggunakannya, bisa membuka halaman wikinya atau bisa melihat kesimpulan yang saya buat di blog saya.