NativeScript, Buat Aplikasi iOS, Android dan Windows Phone dengan JavaScript dan CSS

Bagus Aji Santoso 21 Mei 2015

NativeScript, Buat Aplikasi iOS, Android dan Windows Phone dengan JavaScript dan CSS

Bagaimana rasanya saat sekali ngoding, aplikasi yang kita buat dapat langsung dipublikasikan langsung ke tiga sistem operasi mobile terbesar didunia, iOS, Android dan Windows Phone? Wuih, pasti asik banget. Apalagi jika hanya membutuhkan skill CSS dan JavaScript saja untuk membuat aplikasinya. Dengan memanfaatkan framework NativeScript kita bisa membuat aplikasi iOS, Android dan Windows Phone hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman yang baru menginjak umur 20 tahun ini.

NativeScript dikembangkan oleh perusahaan Telerik dan pertama kali dirilis pada bulan Juni 2014. Meski baru seumur jagung, NativeScript telah menarik perhatian banyak pihak dengan mendapatkan hampir 3500 bintang di GitHub. Hal ini karena sifatnya yang open source dibawah lisensi Apache 2.0 license dan penggunaannya yang hanya membutuhkan skill JavaScript dan CSS.

Baca juga: Android Developer Stories, Kisah Sukses Para Programmer Android Dunia

nativescritpnativemagicYang perlu dicatat adalah aplikasi yang dibuat dengan NativeScript memiliki antarmuka yang di-render langsung oleh rendering engine sistem yang bersangkutan (iOS, Android, dan Windows Phone). Kita juga dapat mengakses semua API native hanya dengan JavaScript.

Saat ini standar JavaScript yang digunakan adalah ECMAScript 5. Dukungan untuk ECMAScript 6 sedang dikembangkan dan akan segera dirilis ke publik.

Baca juga: Membuat Aplikasi Android Berbasis HTML5 dengan Cordova

Situs resmi NativeScript dapat dikunjungi di alamat nativescript.org. Untuk mendapatkan informasi terbaru pembaca dapat mengikuti melalui akun twitter @NativeScript dan blog http://nativescript.org/blog.