Ngoding On TKP, Khusus Kamu Yang Suka Mepet Deadline

Kukuh Setiawan 7 Maret 2017

Ngoding On TKP, Khusus Kamu Yang Suka Mepet Deadline

Hallo sobat coders yang baik hatinya, kali ini saya punya topik menarik yang pasti bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk para programmer yang suka ngerjain pas mepet deadline. Hayo siapa yang suka mengerjakan tugas kuliah atau project mepet deadline? "Jawab sendiri-sendiri".

Ternyata setelah saya nanya langsung ke beberapa teman dan rekan terdekat kebanyakan dari mereka melakukan hal yang sama, jadi lebih suka mengerjakan tugas mereka diwaktu yang hampir mendekati deadline. Tidak semua sih tapi rata-rata seperti itu, dan uniknya tidak hanya jurusan IT tetapi juga ini terjadi pada jurusan-jurusan lain. Nampaknya ini semacam habit yang perlu mendapatkan perhatian khusus guys mungkin semacam penanganan secara psikologi atau bagaimana supaya mengoptimalkan kebiasaan tersebut. Saya tidak bilang itu kebiasaan buruk, karena mungkin sebagian orang menganggap hal tersebut merupakan metode yang tepat buat mereka. Ada dua tipe orang saat menghadapi deadline :

  1. Panik tidak bisa mikir
  2. Ide keluar kemua

Kita bahas disini yang ada kaitannya dengan IT dan ini berlaku untuk kedua tipe orang tersebut, karena pasti deadline tidak akan terlepas dari pekerjaan kita. Yang perlu dipikirkan sekarang bagaimana caranya pekerjaan tersebut bisa beres sesuai target atau deadline, benar ? apalagi yang pekerjaannya menangani projekan, client hanya akan memandang hasil bukan proses.

Winwin solutionnya yang penting client senang uang datang

Waktu mepet deadline dan diharuskan kita datang untuk demo aplikasi datang saja, tidak apa-apa, jangan ngilang. Karena kalau suka ngilang dan banyak alasan tingkat kepercayaan client akan menurun drastis, dan itu akan berdampak tidak baik untuk kelangsungan projek kita kedepannya.

Terus bagaimana kalau belum ngerjain kok harus datang?

Kita bisa kerjakan di perjalanan, misal di travel atau mobil bahkan bus sangat bisa sekali. Yang kita perlukan sekarang mengerti kegunaan framework yang membantu pekerjaan beserta CRUD generatornya. Hal tersebut membantu sekali dalam memangkas waktu ngoding, kalau tidak beres semua minimal ada progres yang lumayan banyak yang bisa kita tunjukan kepada client. Bahkan dengan adanya CRUD generator kita tidak perlu takut ngoding on TKP secara langsung, misal belum sempet mengerjakan sama sekali dengan bekal data MySQL saja sudah lebih dari cukup. Kita create saja databasenya di perjalanan atau pas mau berangkat, jadi saat sudah di TKP kita bisa langsung generate CRUD dan menunjukan hasil progress kita kepada client.

Untuk lebih powerful lagi menghadapi client, tentu harus mengubah tampilan CRUD generator tersebut sesuai dengan template, Pada artikel saya yang berjudul Tutorial Ngoding Kilat CodeIgniter, Rahasia Bongkar Harviacode dan Auth saya bahas bagaimana membongkar CRUD generator supaya ketika generate sudah menyesuaikan template sekaligus memberi hak akses authentification secara otomatis. Dan kita sepatutnya berterima kasih dan boleh berbangga karena mempunyai putera bangsa yang berbaik hati mau membagikan ilmunya yaitu mas Hari Prasetyo yang telah membuat CRUD Generator untuk codeigniter bernama Harviacode, Saya sangat senang karena mas Hari terus mengupdate Harviacode menyesuaikan versi CI terbaru jadi bisa sangat membantu kita untuk menyelesaikan projekan dengan sangat cepat.

Hari Prasetyo Founder Harviacode

Baca juga: Trik Menawarkan Deal Harga Kepada Client

Mengenai pembahasan CRUD generator CI, juga akan saya masukan dalam e-book atau lebih tepatnya semacam modul pembelajaran. E-book ini saya beri judul "Codeigniter For Newbie", karena lebih tepat diperuntukan kepada yang baru memulai mempelajari CodeIgniter. Untuk para master saya sangat mengapresiasi masukan-masukan yang telah diberikan, terima kasih sebesar-besarnya.

E-book Codeigniter For Newbie

Baiklah, kesimpulannya gunakan cara yang paling efektif untuk mempercepat ngoding. Karena programmer juga punya kehidupan, perdalam skill lebih lagi dengan framework yang kita kuasai, tidak harus codeigniter, untuk framework lain juga sangat powerful banyak menyedia CRUD generator juga. Jadi gunakanlah tools dan library yang sudah ada supaya coding lebih powerful dan cepat selesai.