NowDB - Simplest Database Service Ever!

Ahmad Oriza 8 Maret 2015

NowDB -  Simplest Database Service Ever!

Beberapa hari lalu kita pernah bahas dan share link tentang APIs. Lebih tepatnya APIs dalam protokol http. Yang menjelaskan bagaimana bisa Facebook bisa berkomunikasi dengan Twitter, Disqus dengan Google, atau mungkin aplikasi kita sendiri dengan dengan payment gateway, yang misalnya aplikasi kita menggunakan Java sedangkan payment gateway tersebut menggunakan Python.

Bukan hanya tentang sharing data antar aplikasi, API juga dapat dimanfaatkan sebagai database service. Cocok untuk aplikasi multiplatform yang memerlukan database terpusat/terintegrasi. Disitulah peran web based program sebagai penangkap data yang datang dari setiap kanal baik dari mobile, desktop, atau website.

Penggunaan dbaas dalam platform yang kita buat, dapat memangkas waktu development kita. Fokus saja ke bisnis proses yang mau kita bangun. Jika kita adalah mobile developer, maka kabar baik. Tidak perlu lagi bangun kode sisi server. Tinggal pakai layanan dbaas untuk simpan data. Jika web developer, kita tidak perlu lagi setting db engine, server, memilah milih database wrapper (ORM, Query builder), dan bikin kanal REST API. Begitu pun desktop.

Beberapa bulan lalu codepolitan pernah membahas Firebase. Yaitu platform database service yang cukup banyak penggunanya dan sempat diakuisisi google. Namun ternyata ada service lokal yang dapat menjadi opsi baik secara harga maupun layanan, dialah NowDB. Secara offical NowDB memang belum mencantumkan harga (free!), tapi sudah ada beberapa platform yang telah memakai jasa NowDB dalam production. Salah satunya adalah lembaga pemerintah. Aplikasi tersebut antara lain E-Office BPLHD Jawa Barat dan mobile apps To.ko (Marketplace kota Cimahi).

NowDB pada official page nya dinyatakan dibangun dalam platform cloud. Artinya server nowdb sudah menerapkan virtualisasi. Kabar baik buat kita karena dengan fasilitas tersebut membuat aplikasi lebih dinamis dalam penggunaan resource (RAM, Core CPU, dsb). Secara pondasi pun sangat meyakinkan dengan penggunan Mongodb sebagai back end databasenya. Salah satu database nosql popular saat ini yang juga dipakai oleh Foursquare. Walaupun menggunakan nosql based database, kita sebagai pengguna tidak perlu pusing mempelajarinya terlebih dahulu, karena penggunaanya berbasis Rest.

Bagaimana cara membuat project baru, collection (seperti table di rdbms), field sudah tercover dalam dokumentasi. Tersedia cukup lengkap dan to the point. Disitu juga ada sample penggunaan di sisi server, js, dan tools seperti Postman. Sayangnya untuk sisi server hanya PHP, juga tidak ada sample penggunaan di Java android atau Objective-C iOS. Namun saya rasa pengguna bahasa lain akan relatif cepat menangkap jika sudah memahami Rest. Berikut link docs nowdb http://nowdb.net/docs

Tim Codepolitan juga telah mengulik NowDB ini, dan membuat simple library sebagai wrapper.  Bagi pengguna PHP silahkan kunjungi versi sample yang lebih lengkap di link github ini. Contoh CRUD sudah terfasilitasi . Cukup download atau clone php nowdb, dengan zero setting kita dapat mencicipi nowdb.

Nowdb juga menyediakan kanal forum sebagai wadah bertanya dan berdiskusi tentang nowdb. Dilihat dari link yang terlihat di bagian footer page official nowdb, sepertinya pihak nowdb ingin membuat "NowDB Academy". Yaitu versi lebih lengkap jika kita ingin mempelajari nowdb.

Tertarik untuk mencoba nowdb? silahkan isi kolom komentar dibawah ini jika teman-teman rasa ada yang perlu dikoreksi, tambahkan, atau tanyakan :)