OCTOBER, CMS Berbasis Laravel Sebuah Opsi Lain Untuk Membangun Website

Kresna Galuh 14 Juni 2014

OCTOBER, CMS Berbasis Laravel Sebuah Opsi Lain Untuk Membangun Website

Semuanya tentu kenal dengan Wordpress, Joomla atau Drupal. Mereka adalah CMS-CMS handal yang berguna sekali meringankan beban para para web developer dalam membangun sebuah webiste. Namun, tahukah Kamu tentang October CMS? jika belum ayo kita caritahu.

October adalah sebuah Content Management System (CMS) bersifat open source, free dan dikembangkan dengan Laravel PHP Framework. October memberikan kebebasan sebesar-besarnya kepada para developer untuk membuat aplikasi.

October CMS di kembangkan oleh Alexey Bobkov, programmer asal Kanada dan Samuel Georges, front-end developer dari Australia.

Fitur dari October CMS

Siapa yang belum familar dengan fitur october CMS? jika belum, maka ayo kita caritahu lebih lanjut di bawah ini.

1. Page components

Page components adalah salah satu fitur yang sangat membantu sekali dalam membangun sebuah page atau halaman. Di October CMS sudah tersedia beberapa komponen yang sudah siap kamu gunakan untuk membangun *page *itu sendiri. Hanya perlu menambahkan sebuah komponen kedalam page kemudian konfigurasi dengan Inspector. *You don’t need to program anymore.

2. Extensible platform

Penggunaan plugin yang sederhana :D

3. Simple AJAX framework

ajax-framework Ini adalah yang paling terlihat di October CMS, penggunaan AJAX. Dan ini adalah kesan pertama saya ketika pertama kali mencoba menggunakannya. Hampir semuanya menggunakan AJAX.

4. Easy administrative interfaces

easy-interfaces Dengan tampilan modern, ini bakal bikin Kamu betah menggunakan halaman adminnya.

5. Completely file-based CMS templates

file-system Yang menarik lainnya adalah, templating di October CMS adalah file-based, dan ini akan sangat membuat aktivitas theming akan menjadi lebih mudah.

Kamu bisa mendownloadnya secara gratis dan mengenalnya lebih dalam di website resminya octobercms.com. Kamu bisa pantau perkembangan projectnya di https://github.com/octobercms. Dokumentasinya bisa dilihat di http://octobercms.com/docs/cms/themes

Demikian, semoga bermanfaat. Dan selamat bersenang-senang :D