PyCharm Educational Edition, IDE untuk Belajar Python

Bagus Aji Santoso 3 Januari 2015

PyCharm Educational Edition, IDE untuk Belajar Python

Jika ditanya bahasa pemrograman apa yang paling ramah terhadap pengguna pemula? Mungkin anda akan setuju apabila jawabannya adalah Python. Bahkan seorang Eric S. Raymond (penulis esai terkenal "How to Become a Hacker") menyarankan Python sebagai bahasa pemrograman yang pertama kali dipelajari. Di Amerika Serikat Python telah melampaui bahasa pemrograman Java sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di departemen ilmu komputer di universitas top di sana, salah satunya MIT.

JetBrains merupakan perusahaan yang memproduksi beragam IDE (Integrated Development Environment) untuk beragam bahasa pemrograman seperti IntelliJ Java, PhpStorm untuk PHP, RubyMine untuk Ruby, WebStorm untuk JavaScript, PyCharm untuk Python, dll. Dan beberapa waktu yang lalu JetBrains resmi merilis IDE yang mereka buat khusus untuk belajar Python. Selain digunakan untuk belajar Python IDE ini juga dapat digunakan oleh intruktur untuk membuat panduan Python versi mereka sendiri untuk penggunaan didalam kelas (perkuliahan, kursus, dll). Situs resmi PyCharm dapat diakses di sini. Di halaman resmi PyCharm Educational Edition anda dapat menemukan kutipan dari Guide von Rossum (pembuat Python) yang menjadi inspriasi bagi JetBrains mengembangkan PyCharm Educational Edition.

PyCharm Educational Edition tersedia untuk Linux, Windows, maupun Mac OSX. Anda dapat mengunduh PyCharm Edu di halaman Download. Untuk panduan pemasangan lengkapnya dapat anda temukan dihalaman PyCharm Educational Edition.

PyCharm Educational Edition di Ubuntu

Apabila PyCharm Educational Edition telah terpasang dan dijalankan, kita akan dibawa dibagian QuickStart. Dibagian ini kita bisa mengikuti panduan Introduction to Python yang diberikan langsung oleh PyCharm Educational Edition.

Introduction to Python

Dipanduan yang diberikan kita bisa belajar Python secara interaktif melalui pilihan lesson yang ada di panel sebelah kiri. Terdapat lesson1 - lesson10 yang dapat diikuti yang akan memandu kita untuk belajar Python mulai dari mencetak "Hello, World!" ke layar hingga berinteraksi dengan file.

Meskipun mengandung kata Educational Edition, PyCharm yang satu ini juga dapat digunakan untuk membuat proyek Pure Python (Python murni, bukan untuk pembelajaran). Jika anda merupakan programmer yang sudah menguasai Python dan ingin  membuat proyek Python dengan beragam framework seperti Django, Flask, Pyramid, dll. Anda harus mencoba PyCharm Professional Edition karena PyCharm Educational Edition tidak menawarkan hal tersebut.

PyCharm Pure Python

(bas/acm.org/edx.org/catb.org/jetbrains.com)