TensorFlow, Pustaka Machine Learning Canggih Milik Google Kini Open Source

Bagus Aji Santoso 10 November 2015

TensorFlow, Pustaka Machine Learning Canggih Milik Google Kini Open Source

TensorFlow, teknologi canggih dibalik fitur image recognition-nya Google Photo's atau voice recognition-nya Google Now kini dirilis oleh Google sebagai produk open source. Pengumuman perilisan TensorFlow sebagai produk open source diposting langsung oleh sang CEO, Sundar Pichai lewat artikel di Official Google Blog. Google berharap TensorFlow dapat dapat membuat dampak yang lebih besar diluar Google dengan merilisnya sebagai produk open source.

Lisensi yang dipilih untuk TensorFlow adalah Apache 2.0 license. Pemilihan ini membuat TensorFlow dapat digunakan oleh semua orang, bahkan oleh kompetitor Google. Google turut berharap komunitas machine learning dapat membantu pengembangan TensorFlow. Source code TensorFlow dapat dilihat di laman Github ini.

Melepas TensorFlow ke publik sebagai produk open source tentunya akan membuat pengembangan produk ini menjadi lebih cepat dibandingkan masih menjadi produk closed source yang hanya dikerjakan segelintir orang. Layaknya Android, produk open source yang justru sangat menguntungkan Google, TensorFlow pun dapat memberikan keuntungan yang sama untuk Google dimasa yang akan datang.

(bas/googleblog)