0

1

0

share


#Info#linux#kehidupanprogrammer#mp3

Reactions0 Reactions

1 Komentar

Ternyata Mendengarkan MP3 Bisa Dilakukan Lewat Terminal!

Profile

Ibnu Jakaria28 Juli 2016

Beberapa hari yang lalu saya penasaran soal mp3 player. Ketika hampir semua aplikasi berbasis GUI --sampai-sampai berbagai macam distro linux pun sekarang gencar di GUI--, tetapi tetap saja masih banyak orang-orang yang lebih suka text-based application. Salah satunya saya, terkadang menjalankan beberapa perintah dengan hanya meletakkan jari-jari di tuts-tuts keyboard itu lebih nyaman dari pada harus geser-geser mouse atau pun touch pad. Dan selintas saya kepikiran, ada nggak sih mp3 player yang berbasis text?

Dan setelah browsing sana sini, saya menemukan ada banyak! Dan yang membuat saya lebih bahagia adalah, karena kebetulan saya adalah pemakai VLC media player, saya tidak perlu melakukan instalasi apa pun karena VLC sendiri sudah membundle sekaligus dengan versi console-nya.

Dan bagi temen-temen coders yang satu spesies dengan saya, yang lebih suka menjalankan aktifitas dengan command line, dan juga yang sudah menginstall VLC di linux masing-masing. Cara untuk memutar mp3 via terminal sangat mudah.

  1. Cukup buka terminal
  2. Change Directory ke directory yang di sana ada file mp3 yang mau diplay.
  3. Lalu ketikkan perintah: nvlc *.mp3
  4. Maka ia akan memutar semua file mp3 yang ada di dalam folder tersebut.
  5. Voila! Semua terjadi hanya dalam terminal! Kita bahkan nggak perlu lagi butuh desktop environtment kalau hanya untuk bikin mainin mp3!
NB: Bagi yang belum menginstall VLC, atau yang tidak suka dengan VLC, masih ada banyak alternatif lain, di antaranya adalah yang dimuat di link berikut -> 21 Best Music Players That Are Worth Trying On Linux

Have a nice day! Selamat melanjutkan aktifitas ngoding....