5 Kanal Youtube Inspiratif untuk Belajar Arduino

Ridwan Fajar 26 November 2014

5 Kanal Youtube Inspiratif untuk Belajar Arduino

Arduino merupakan sebuah mikrokontroler yang ditujukan pemula, artis, dan pengembang yang ingin mempelajari mikrokontroler. Arduino sendiri merupakan sebuah platform untuk menciptakan purwarupa elektronika yang bersifat open source. Konsep ini dikenalkan oleh Massimo Banzi dan David Curtialles, dalam mengembangkan Arduino yang akhirnya banyak sekali produk turunan dari Arduino untuk berbagai tujuan. Salah satu produk Arduino yang populer antara lain: Arduino Uno, Arduino Lily, Arduino Mega, NetDuino, dan Arduino Mini.

Dengan Arduino, Anda dapat fokus mengembangkan prototipe elektronika. Dengan pustakanya yang lengkap, Anda dapat membuat perangkat keras berbasis Arduino yang dapat terhubung ke handset mobile, aplikasi web, dan aplikasi desktop. Mulai dari membuat robot hingga perangkat cerdas pengendali rumah, terdapat banyak sekali proyek berbasis Arduino yang dapat Anda ciptakan. Selain fitur standard, Arduino pun memiliki papan tambahan yang dinamakan Shield. Shield tersebut ada yang merupakan aksesoris, dan ada juga yang digunakan untuk menambahkan kompatibilitas fitur tertentu. Misalnya Ethernet Shield digunakan untuk komunikasi internet antara Arduino dengan Server, atau GSM Shield yang akan mempermudah Anda untuk menggunakan sinyal GSM di perangkat Arduino Anda.

Berikut ini ada beberapa kanal Youtube yang memiliki seri tutorial tentang Arduino yang bisa kita gunakan untuk belajar Arduino. Tentunya kanal tersebut dapat membantu Anda untuk memberikan inspirasi dalam membangun perangkat berbasis Arduino atau meningkatkan Anda menjadi pengembang Arduino yang inovatif.

1. Paul Whorter

Paul mengajak pelanggan kanalnya untuk mempelajari Arduino dengan menggunakan Python dan Virtual Python. Di salah satu videonya, Paul mendemokan bagaimana menghubungkan dunia virtual dengan sensor jarak yang dibaca dari Arduino. Salah satu video menarik lainnya adalah, Paul mendemokan bagaimana menggunakan Global Positioning System di Arduino dan membuat logger dari perangkat tersebut. Selain itu Paul juga mendemokan bagaimana membaca data yang diterima dari Arduino kemudian ditampilkan di Matplotlib.

2. Muhammad Qaulan

Qaulan merupakan seorang ahli embedded system yang berasal dari Bandung, Indonesia. Di kanalnya tersebut Anda dapat melihat berbagai proyek sistem elektronika di tataran industri maupun laboratorium. Hal yang menarik dari kanal yang dimilikinya ini adalah Anda dapat melihat berbagai antarmuka Arduino yang berbasis aplikasi desktop dengan menggunakan Visual Basic. Di salah satu videonya, Anda akan melihat bagaimana aplikasi desktop yang dibangun Qaulan dapat membaca suhu dari sebuah kipas dan mengendalikan kipas tersebut. Ada juga antarmuka.

3. Robert Paz

Robert Paz merupakan seorang pengembang embedded system yang menggunakan Arduino. Robert memberikan kuliah gratis seputar embedded system menggunakan Arduino. Menariknya, Anda diajarkan untuk menggunakan bahasa Assembly dalam menulis kode program untuk Arduino. Selain itu Anda juga akan diajarkan bagaimana membuat kendaraan otomatis.

4. Make Magazine

Make Magazine merupakan sebuah majalah yang memiliki tema untuk membuat karya baik itu berupa elektronika ataupun mekanik. Arduino pun sering dibahas di majalah ini. Banyak sekali proyek mingguan tentang Arduino yang dapat Anda coba melalui kanal Youtube mereka. Bahkan selain menerbitkan majalah dan membuat video tutorial, Make Magazine menerbitkan pula buku yang membahas proyek - proyek elektronika berbasis Arduino

5. Arduino

Tentu saja kanal ini merupakan kanal andalan yang dicanangkan oleh pihak Arduino sendiri. Pelanggan kanal Arduino saat ini mencapai 18.162 pelanggan. Selain tutorial tentang Arduino, kanal ini diwarnai dengan produk terbaru dari Arduino, karya - karya yang menggunakan Arduino serta event besar yang melibatkan Arduino seperti Hackathon, MakerFaire, dan Arduino Day. Bahkan pengusung Arduino yaitu David Curtialles pernah berkunjung langsung ke Hackathon #BajakJKT pada awal tahun 2014 sebagai juri sekaligus mentor dari peserta Hackthon. Salah satu acara yang terpenting yang dapat Anda liaht adalah Arduino Day.

(rfs/youtube)