0

5

0

share


#BahasaPemrograman#programming#komunitas#community

Reactions0 Reactions

5 Komentar

17 Grup Populer tentang Pemrograman di Facebook yang Berasal dari Indonesia

Profile

Ridwan Fajar18 Mei 2014

17  Grup Populer tentang Pemrograman di Facebook yang Berasal dari Indonesia

17 Grup Populer tentang Pemrograman di Facebook yang Berasal dari Indonesia - Bahasa pemrograman di Dunia banyak sekali jenisnya. Fungsi pemrograman sendiri sudah bisa dilihat dengan kacamata manusia. Banyak aplikasi yang dibentuk berasal dari struktur kode menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Siapakah yang merangkai setiap bait kode program hingga bisa berbentuk sebuah aplikasi baik di dalam mobile ataupun web. Aplikasi dibuat dan dikembangkan oleh seorang developer atau programmer.

Nah bahasan kali ini, untuk kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman dengan metode ringan. Kamu bisa join di grup-grup komunitas online. Banyak lho, grup komunitas pemrograman di Google. Kamu bisa browsing dan cari kata kuncinya. Misalnya kamu bisa cari grup komunitas pemrograman python di bandung. Nah, nantinya akan ada beberapa komunitas pemrograman yang di rekomendasikan oleh google.

Pada bahasan ini MinPoli akan bahas, 17 komunitas pemrograman di facebook yang wajib kamu ikuti, jika kamu ingin punya banyak relasi dan belajar pemrograman dengan metode santai. Yuk simak sampai tuntas ulasan ini sampai akhir.

Baca Juga: Satu-satunya Komunitas Programmer Indonesia Populer

Bahasa Pemrograman

Apa saja bahasa pemrograman di dunia? yaitu ada C++, Java, PHP, Python dan sebagainya. Pemrograman bukan hanya dilakukan oleh seseorang yang kuliah di informatika atau ilmu komputer. Tapi sudah menjadi aktivitas umum sebagaimana memainkan musik.

Pemrograman ini tentunya banyak ragamnya. Ada yang ditujukan untuk membuat aplikasi desktop, aplikasi mobile, aplikasi web, multimedia, sistem, robot, bahkan game. Dan tentu saja pemrograman ini tidak dimonopoli satu bahasa pemrograman. Ada banyak sekali berbagai bahasa pemrograman tergantung bidang yang ditujunya. Misal untuk membuat sebuah aplikasi multimedia Anda dapat menggunakan Actionscript atau HTML5, untuk membuat sebuah aplikasi web Anda dapat menggunakan PHP, Python, ASP, JSP, atau Javascript, untuk membuat aplikasi mobile Anda dapat menggunakan Objective-C atau Java. Semua memiliki kawasannya masing - masing.

Selain otodidak, salah satu cara untuk mempelajari bahasa pemrograman adalah bergabung dengan komunitas. Komunitas ini berdiri diatas platform yang bersifat online seperti forum, Facebook, website khusus, atau lainnya. Salah satu platform yang akan kita bahas adalah Facebook. Dengan tumbuh besarnya pengguna Facebook, membuat berbagai pengguna Facebook yang kebetulan tetarik atau memang pakar dalam suatu bahasa pemrograman bergabung dalam sebuah grup untuk bahasa tertentu.

Kali ini akan ditampilkan beberapa grup Facebook yang komunitasnya cukup besar untuk setiap bahasa pemrograman yang menjadi temanya. Berikut daftar dari grup - grup bahasa pemrograman yang terdapat di Facebook, terhitung untuk tanggal 18 Mei 2014:

Grup atau Komunitas Pemrograman Legend

Berikut MinPoli ringkas dari beberapa sumber, grup atau komunitas pemrograman legend yang sudah ada sejak tahun 2014.

Komunitas PHP di Indonesia

PHP Indonesia, grup yang membahas tentang PHP ini memiliki jumlah anggota grup sebanyak 51.931 akun. Merupakan grup pemrograman terbesar di Facebook dari Indonesia menurut versi CODEPOLITAN. Anda dapat bergabung dengan PHP Indonesia disini: PHP Indonesia

Kemudian berikut ini ada beberapa komunitas pemrograman lain yang juga bisa kamu ikuti:

Forum Java Programmer Indonesia, grup yang membahas salah satu bahasa terpopuler yaitu Java, merupakan grup yang anggotanya terbanyak kedua. Saat ini grupnya memiliki anggta sebanyak 40.308 akun. Grup yang bahasanya diciptakan oleh James Gosling ini dapat Anda kunjungi di: Forum Java Programmer Indonesia.

Komunitas Penggemar Pemrograman Delphi Indonesia, grup ini membahas sebuah teknologi terusan dari Pascal yaitu Delphi. Tentunya Delphi dikenal dengan sebuah bahasa lanjutan Pascal yang dinamakan Object Pascal. Grup ini memiliki anggota 23.385 akun. Anda dapat bergabung dengan grup tersebut di: Komunitas Penggemar Pemrograman Delphi Indonesia..

Visual Basic Indonesia, grup ini masih konsisten dengan membahas Visual Basic 6.0 yang dirilis Microsoft. Agak jadul memang, namun penggemar dan penggunanya masih senantiasa banyak dari masa ke masa. Saat ini akun yang tergabung sebanyak 21.611 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Visual Basic Indonesia.

Programmer VB.NET Indonesia, grup ini mirip sedikit dengan grup pada urutan sebelumnya. Visual Basic yang digunakan adalah VB.NET, mulai dari versi 2003 hingga 2014. Saat ini akun yang tergabung sebanyak 16.938 akun. Anda dapat bergabung dengan grup tersebut di: Programmer VB.NET Indonesia

Indonesia C/C++/Objective-C Programmer Community, merupakan grup gabungan yang membahas bahasa C, C++, dan Objective-C. Disini apapun tentang C-Family dapat Anda tanyakan kepada anggotanya disana. Grup ini memiliki anggota sebanyak 16.609 akun. Anda dapat bergabung disana dengan mengunjungi tautan berikut: Indonesia C/C++/Objective-C Programmer Community.

Javascript Indonesia, bahasa pemrograman yang dibuat oleh Brendan Eich ini mempunyai penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Terdapat 11.499 akun yang tergabung dalam grup tersebut. Topik yang dibahas sangat beragam. Mulai dari Javascript murni, NodeJS, Javascript framework, AJAX, dan berbagai teknologi lainnya yang terkait dengan Javascript. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Javascript Indonesia.

Python Indonesia, bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido Von Rossum ini mempunyai penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Terdapat 4.865 akun yang tergabung dalam grup tersebut. Topik yang dibahas sangat beragam Mulai dari Python murni, Python framework, penelitian yang menggunakan Python, Kopdar Python Indonesia, dan event - event seperti PyCon. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Python Indonesia

Pascal Indonesia, bahasa pemrograman yang dibuat Niklaus Wirth ini mempunyai penggemar di Indonesia sebanyak 2,229 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Pascal Indonesia

ASP.NET Indonesia, merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dirilis Microsoft yang ditujukan untuk membangun web berbasis ActiveX. Grup ini memiliki anggota sebanyak 1.602 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: ASP.NET Indonesia

Komunitas Lazarus Free

Komunitas Lazarus Free Pascal Indonesia, merupakan sebuah grup yang membahas Lazarus dan Free Pascal. Versi open source dari Pascal dan Delphi. Biasa digunakan untuk Linux atau Unix. Grup ini memiliki anggota sebanyak 1.288 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini.

Actionscript Indonesia, siapa yang tak kenal dengan Actionscript. Sebuah scripting yang dirilis oleh Adobe untuk Flash dan Adobe AIR. Grup ini memiliki anggota sebanyak 1.122 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Actionscript Indonesia target

NodeJS Indonesia, bahasa pemrograman yang baru booming ini merupakan Javascript yang dikembangkan untuk serverside scripting. Akun yang tergabung di grup ini sebanyak 1.103 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: NodeJS Indonesia.

BAIK Scripting Language, sebuah bahasa pemrograman yang menggunakan sintaks bahasa Indonesia. Dikembangkan oleh Haris Hasanudin. Para programmer Indonesia pun cukup banyak yang antusias dengan bahasa pemrograman ini. Saat ini akun yang tergabung di grup tersebut sebanyak 775 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: BAIK Scripting Language.

MATLAB Indonesia, sebuah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk saintifik yang dibuat oleh Cleve Moler. Di grup tersebut terdapat 343 akun yang tergabung. Tentunya masalah yang dibahas lebih banyak tentang saintifik. Anda dapat bergabung dengan grup tersebut di: MATLAB Indonesia

Ruby Indonesia, sebuah bahasa pemrograman dinamis yang dibuat oleh Yukihiro "Matz" Matsumoto. Bahasa yang diklaim sebagai bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan ini memiliki penggemar dengan akun sebanyak 149 akun di grup Ruby Indonesia. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Ruby Indonesia

Scala Indonesia, sebuah bahasa pemrograman yang cukup baru di ranah pemrograman. Sebuah bahasa scripting yang memanfaatkan Java Virtual Machine (JVM). Grup ini memiliki anggota sebanyak 126 akun. Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Scala Indonesia.

Swift Indonesia, sebuah bahasa pemrograman yang belum lama ini lahir dari perusahaan Apple. Sebagian besar digunakan untuk pengembangan produk Apple (iOS, Mac, dkk.). Anda dapat bergabung dengan grup ini di: Swift Indonesia.

Kesimpulan

Jika Anda tertarik dengan bahasa pemrograman yang sedang Anda pelajari atau perhatikan saat ini, jangan lupa untuk bergabung dengan salah satu grup diatas agar Anda dapat belajar lebih optimal lagi bersama para pakar dan pengguna bahasa pemrograman tersebut. Selamat belajar dan selamat membangun jaringan :D.