Guido van Rossum, Tokoh Di Balik Bahasa Python

Ridwan Fajar 6 Juni 2017

Guido van Rossum, Tokoh Di Balik Bahasa Python

Bagi pengguna Python mungkin sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini, atau mungkin ada yang belum kenal? Jadi Tanpa basa-basi yuk kita bahas tokoh terkenal di balik Bahasa python.

Pemilik Python

Guido van Rossum adalah seorang ilmuwan komputer Belanda yang terkenal sebagai pencipta bahasa pemrograman Python. Beliau lahir pada tanggal 31 Januari 1956 di , Belanda. Van Rossum membuat dan mengembangkan Python pada awal tahun 1990-an saat beliau bekerja di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda sebagai penerus bahasa pemrograman ABC.

Guido van Rossum merupakan penggagas Python yang masih tersisa. Tapi tentu masih ada bantuan dari pihak lain juga. Bahasa pemrograman ini dikenal dengan sintaksis yang mudah dipahami dan digunakan secara luas dalam berbagi bidang, termasuk pengembangan perangkat lunak, pengolahan data, kecerdasan buatan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Python 3.5.0 dan 2.7.10 RC-1 Telah Rilis!

Pengembangan Bahasa Python

Di tahun 1995, Guido melanjutkan pengembangan Python di Corporation for National Research Initiative di Reston, Virginia di mana dia merilis beberapa versi dari Python untuk masyarakat.

Beliau telah bekerja di berbagai lembaga penelitian, termasuk Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda, Institut Standar Nasional Amerika Serikat (NIST), dan Corporation for National Research Initiavites (CNRI).

Pada Mei 2000, Guido van Rosum bersama tiga pengembang inti python lainnya meninggalkan CNRI untuk bekerja di perusahaan rintisan teknologi BeOpen.com untuk membentuk BeOpen PythonLabs yang kemudian runtuh pada Oktober di tahun yang sama.

Kemudian di Oktober pada tahun yang sama, PythonLabs pindah ke Digital Creation Corporation (Sekarang merupakan Zope Corporation). Di tahun 2001, Python Software Foundation di bentuk, sebuah organisasi non profit yang bertugas mengurusi kekayaan intelektual yang berhubungan dengan Python.

Karir Guido Van Rossum

Zope Corporation sendiri merupakan sponsor dari Python Software Foundation. Dari akhir 2000 hingga 2003, Beliau bekerja untuk Zope Corporation, Van Rossum meninggalkan Zope untuk Elemental Security. Saat di Zope beliau bekerja pada bahasa pemrograman kustom untuk organisasi tersebut. Sejak tahun 2005 sampai akhir tahun 2012, Guido van Rossum bekerja di Google, di mana dia mengabiskan setengah waktunya untuk mengembangkan bahasa Python yaitu Mondrian.

Sebuah sistem tinjauan kode berbasis web yang di tulis dalam bahasa Python dan di gunakan di dalam perusahaan. Pada 7 Desember2012, Van Rossum meninggalkan Google dan pindah bekerja di perusahaan penyimpanan file Cloud Dropbox tepatnya pada Januari 2013.

Selama bertahun-tahun Guido van Rossum memainkan peran aktif dalam komunitas Python, kepemimpinannya dalam mengembangkan dan evolusi bahasa, Van Rossum di juluki sebagai "Benevolent Dictator For Life" (BDFL) Python, sebuah gelar yang menggambarkan otoritasnya dalam menentukan arah pengembangan Python.

Kemudian pada tahun 2018 beliau mengumumkan pengunduran dirinya dari peran BDFL, memilih untuk membiarkan komunitas Python mengambil peran lebih besar dalam pengambilan keputusan, meskipun demikian Van Rossum masih tetap aktif dalam komunitas Python.

Baca Juga: Python 3.5 Bakal Jadi Program Bawaan Fedora 24

Pada Oktober 2019 akhirnya beliau meninggalkan Dropbox dan secara resmi pensiun. Namun secara mengejutkan, pada 12 November 2020 Van Rossum mengumumkan bahwa dia akan kembali dari masa pensiun untuk bergabung dengan Divisi Pengembangan di Microsoft, saat ini beliau memegang jabatan Insinyur Unggul di Microsoft.

Guido van Rossum merupakan tokoh yang sangat di hormati dalam komunitas pengembangan perangkat lunak, dan warisannya dengan Python akan terus mempengaruhi dunia pemrograman dalam waktu yang sangat lama.

Bagaimana Coders? menarik bukan perjalan tokoh di balik bahasa Python, Guido van Rossum. Setiap Individu memiliki potensi tak terbatas yang mungkin belum sepenuhnya di jelajahi. Maka dari itu belajar hal baru dan menekuninya adalah salah satu cara untuk pengembangan diri, keterampilan teknis, hingga pemahaman mendalam sesuai bidang yang lebih spesifik, sehingga Coder dapat membuka pintu menuju potensi tertinggi dari kalian semua.

So, tunggu apalagi Coders mari buka potensi terbesarmu bersama kami untuk pembelajaran dasar-dasar Python mulai dari sini. yaa!!

Sumber : Python Documentation https://en.wikipedia.org/wiki/Guido_van_Rossum