Haris Hasanudin, Pembuat Bahasa Pemrograman BAIK

Ridwan Fajar 19 Mei 2014

Haris Hasanudin, Pembuat Bahasa Pemrograman BAIK

Terdapat banyak bahasa pemrograman di Dunia. Kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman BAIK. Haris hasanudin adalah sosok di balik bahasa sederhana ini. Lalu apa itu BAIK? Jadi bahasa pemrograman BAIK adalah bahasa pemrograman populer yang sering di gunakan oleh developer pemula.

Kenapa di namakan bahasa pemrograman BAIK? Jika kamu penasaran maka mari kita berkenalan lebih dalam mengenai bahasa pemrograman fenomenal ini.

Baca Juga : Guido van Rossum, Tokoh di Balik Bahasa Pemrograman Python

Pengenalan

Bahasa pemrograman BAIK adalah bahasa coding yang di buat oleh talenta Indonesia untuk alernatif belajar pemrograman bagi pemula.

Kenapa di beri nama BAIK karena struktur bahasa yang di gunakan sangat sederhana. Bahasa pemrograman ini secara kompleks memiliki unsur penuh bahasa Indonesia. Sehingga bagi pemula akan mudah adaptasi dan memahami setiap perintah syntak nya.

Lalu siapakah penemu bahasa pemrograman baik? jika penasaran maka ulas sampai habis ya.

Sosok di Balik Bahasa BAIK

Siapakah di balik bahasa pemrograman BAIK? Jadi dia adalah Haris Hasanudin. Seorang alumni SMAN 1 Bogor yang meneruskan pendidikannya di Universitas Gunma Jepang di jurusan ilmu komputer pada tingkat S1. Kemudian Haris Hasanudin melanjutkan pendidikan di jurusan ilmu komputer pada tingkat S2.

Haris Hasanudin pernah bekerja sebagai Senior System Engineer di Mitsubishi Information Network. Kini beliau bekerja Bogor Hotel Institute dan Hotel Salak The Heritage sebagai IT Director. Selain itu kini beliau menjabat sebagai direktur di DigiOrchid, sebuah perusahaan IT di Singapura.

Seperti yang kita ketahui, beliau adalah pembuat bahasa pemrograman BAIK. Sebuah bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dalam Bahasa Indonesia. Dan mempunyai dukungan untuk membuat aplikasi GUI yang berbasis GTK, membuat apliasi web dengan CGI, koneksi database ke MySQL, dapat digunakan untuk sistem tertanam (embeded system), mempunyai strutktur sintaks tersendiri, bisa dikatakan sebagai bahasa mirip C, mendukung pemrograman berorientasi objek, dan fitur - fitur lainnya.

Contoh Syntak

Beliau sudah memiliki beberapa publikasi yang berhubungan dengan BAIK, diantaranya:

  • Basic Design of BAIK Scripting Language with Indonesian Lexical Parser for Internet-based Software Development yang diterbitkan oleh ICACSIS (Internasional Conference on Advance Computer Science and Information System)t
  • Petunjuk Penggunaan BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer)
  • Dasar - dasar Pemrograman Komputer dengan Bahasa Komputer Berejaan Indonesia, BAIK

Kerennya lagi, temen-temen sekarang bisa menghubungi beliau secara langsung dan bergabung di grup facebook khusus programmer BAIK di:

https://www.facebook.com/groups/baik.bahasa.komputer/

**Baca Juga: ** Mengapa Programmer Adalah Pacar Yang Baik?

Tertarik untuk belajar programming menggunakan bahasa pemrograman BAIK? Jika iya, maka Anda bisa mendownload kode source BAIK secara gratis sekarang juga dari link ini. Anda juga bisa mengunjungi website resmi BAIK di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar scripting BAIK.

Semoga bermanfaat, dan maju terus Dunia Pemrograman di Indonesia ;)