7 Aplikasi Android untuk Para Web Developer

Kresna Galuh 11 Juni 2014

7 Aplikasi Android untuk Para Web Developer

Semakin mewabahnya platform Android membuat aplikasi Android pun semakin menjamur. Para developer pun berbondong-bondong membuat aplikasi Android nya. Perkembangan Aplikasi Android makin melonjat tiap harinya bahkan yang baru di deploy ke Google Play Store.

Fungsi aplikasi android sudah tidak di ragukan lagi. Bayangkan saja jika andoid atau handphone selalu dalam genggaman kita. Jika developer berhasil menggarap aplikasi andorid serbaguna. Kamu bisa di katakan sebagai developer legend.

Nah namun bagi seorang developer kamu juga harus mengetahui platform android apa saja yang memudahkan kamu dalam aktifitas. Biar tidak penasaran langsung aja mari kita ulas sampai tuntas.

Pengenalan Aplikasi Andoroid

Android makin mendarah daging di hati banyak orang baik kaum milenial, gen z atau ibu-bu dan bapak-bapak. Hampir semua orang memiliki ponsel. Sebagai seorang developer tentu saja aplikasi android ini bukan jadi platform asing. Mengapa android makin booming, karena tidak lain pertumbuhannya yang memudahkan manusia.

Lantas kita akan coba ulas aplikasi andorid yang bermanfaat dan memiliki peran bagi seorang developer. Berikut ini aplikasi andorid yang wajib di ketahui oleh seorang web developer biar ngoding makin keren.

Aplikasi Android Bagi Developer

Pada kesempatan kali ini CodePolitan akan mencoba membahas aplikasi android apa saja yang sekiranya bisa membantu mempermudah proses development dan bisa menjadi senjata yang berguna bagi para web developer.

**Baca Juga : ** Kisah Kevin Syntrome, Sosok Pendiri Instagram

1. AndFTP

andftp_sample

AndFTP adalah sebuah FTP, FTPS, SCP, SFTP client. Aplikasi Android AndFTP mempunyai kemampuan selayaknya FTP. Banyak sekali yang bisa dilakukan oleh AndFTP seperti download, upload, synchronization, delete, rename, mengganti permissions (chmod), dan lainnya. Ini akan sangat membantu sekali bagi para web developer yang sedang mobile dan harus memainten server.

AndFTP adalah aplikasi Android gratis, namun untuk fitur yang lebih lengkap disediakan aplikasi berbayarnya. AndFTP dikembangkan oleh LYSESOFT.

Google Play Link: AndFTP Developer : LYSESOFT

2. View Web Source

view_web_source_sample

Aplikasi android yang satu ini merupakan senjata ampuh yang sangat dibutuhkan oleh web developer untuk melihat source code html dari sebuah website. Dikembangkan sejak 2009 oleh James OBrien dan merupakan aplikasi gratis.

Google Play Link: View Web Source Developer : James OBrien

3. Codeanywhere

codeanyware_sample

Jika Kamu butuh sebuah code editor yang canggih dan kaya akan fitur, Kamu bisa tengok aplikasi Android yang satu ini. Codeanywhere bisa membuat smartphone Androidmu semakin canggih untuk keperluan development. Codeanywhere bisa berjalan di Android 4.1 ke atas, dan rilis terbaru adalah versi 5.0.8.

Google Play Link: Codeanywhere Developer : Codeanywhere, Inc

4. Color Picker

color_picker_sample

Terkadang kita butuh untuk mencari sebuah kode heksa dari sebuah warna. Color Picker bisa jadi solusinya. Bahkan tidak hanya dari dokumen gambar yang ada di perangkat Android kita saja, aplikasi Android ini bahkan bisa mengambil kode gambar melalui kamera. Ini bisa sangat berguna, terutama untuk front-end developer atau designer.

Google Play Link: Color Picker Developer : Vipin Sahu

5. Pixel Ruler

pixelruler_sample

Pixel Ruler merupakan tools untuk mengukur size dari sebuah element dengan Android. Kita bisa mengukur tombol pada sebuah website, berapa pixel margin dan paddingnya. Hanya saja, aplikasi Android ini bersifat trial dan bisa digunakan secara gratis selama 30 hari.

Google Play Link: Pixel Ruler Developer : Vladislav Skoumal

6. Google Analytics

ga_sample

Untuk memantau traffic kunjungan web kita, tools yang satu ini sangat pamungkas. Dengan Google Analytics ini kita bisa memantau traffic web kita kapan saja kita mau melalui perangkat Android kita, termasuk kita bisa melihat berapa orang yang saat ini mengunjungi web kita secara real time.

Google Play Link: Google Analytics Developer : Google Inc

7. WordPress

wp_sample wp_sample5

Buat Kamu Wordpress developer, aplikasi Android ini wajib kamu instal di perangkat Android kamu. Ini akan sangat membantu sekali untuk memanage web kita yang menggunakan platform CMS Wordpress. Kita bahkan bisa memposting artikel kita melalui perangkat mobile. Aplikasi Wordpress ini tidak hanya untuk pengguna Wordpress.com tapi juga buat Kamu yang memiliki Wordpress di servermu sendiri ini masih akan berguna dengan sangat baik.

**Baca Juga : ** BandungDev, Hajatnya Developer di Bandung, Cek Keseruannya!

Google Play Link: WordPress Developer : Automattic, Inc

Oke demikian 7 daftar aplikasi Android yang mungkin berguna buat Kamu para web developer. Jika teman-teman punya tambahan aplikasi yang lainnya, silahkan dishare di sini ya :D

Dan buat kamu yang ingin belajar membuat aplikasi Androidmu sendiri, kamu bisa memulainya dari tutorial berikut: Membuat Aplikasi Android Berbasis HTML5 dengan Cordova. Referensi lainnya bisa kamu temukan di: Referensi Tempat Belajar Android Development Berbahasa Indonesia.

Semoga bermanfaat.