7 Plugin Wordpress untuk Mempermudah dalam Membuat Web

Kresna Galuh 12 Januari 2016

7 Plugin Wordpress untuk Mempermudah dalam Membuat Web

Wordpress adalah salah satu content management system (CMS) berbasis PHP yang saat ini paling banyak digunakan dalam membangun sebuah website. Bagaimana tidak, selain karena kemudahan dan kelengkapan fitur yang ditawarkannya, dukungan komunitasnya pun sangat luar biasa ramai. Itu tentu saja akan sangat membantu bagi developer ketika mendapati adanya bugs atau problems dalam proses pembuatan webnya. Selain itu, salah satu daya tarik terbesar Wordpress yang membuat developer betah dengan Wordpress adalah plugin.

Plugin Wordpress adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto, syntax highlighter dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas 7 plugin Wordpress yang sering digunakan dalam web development dan selalu dapat membantu mempermudah pekerjaan versi CodePolitan.

Baca juga: Perbandingan WordPress, Drupal dan Joomla Sebagai Tools untuk Membuat Website

1. Advanced Custom Fields

Adakalanya ketika kita membangun sebuah web, kolom-kolom field di halaman posting Wordpress tidak cukup, kita membutuhkan field yang lebih dari hanya sekedar judul, teks, kategori atau thumbnail. Misalnya kita membutuhkan field tambahan seperti sub judul, nama kota atau yang lainnya yang tidak disediakan oleh Wordpress secara default. Sebenernya masalah itu bukanlah masalah, karena kita bisa menambahkannya, karena Wordpress telah menyiapkan API-nya. Namun sering kali kita butuh lebih cepat hanya untuk menambahkan sebuah field baru di web kita. So, plugin Advanced Custom Fields merupakan sebuah solusi yang sangat ampuh.

Download: https://wordpress.org/plugins/advanced-custom-fields/

home-box-fields

2. Custom Post Type UI

Dalam membangun web, tidak selalu kita hanya butuh membuat pos artikel saja. Adakalanya kita membutuhkan pos dengan jenis yang lain, misalnya pos bertipe movie untuk menampilkan daftar film karena kebetulan web yang sedang kita bangun adalah untuk web untuk review film. Maka akan terlalu memaksakan diri jika kita menginputnya melalui pos artikel. Dengan bantuan Custom Post Type UI (CPT UI), maka masalah ini bisa teratasi dengan sangat mudah. Kita bisa membuat berbagai macam jenis pos sesuai kebutuhan web kita.

Download: https://id.wordpress.org/plugins/custom-post-type-ui/

wp_cpt_plugin

3. URL ShortCodes

Plugin Wordpress yang satu ini tergolong sangat simple, yaitu hanya berguna untuk membuat shortcode untuk menampilkan link base url dan theme url, tapi plugin ini sangat berguna dalam pembangunan web, terutama ketika ada kemungkinan web kita untuk dimigrasikan. Dengan plugin Wordpress ini kita tidak direpotkan lagi dengan base url yang berganti, misalnya dari http://localhost/myweb menjadi http://www.namawebnya.com.

Download: https://wordpress.org/plugins/url-shortcodes/

url_shortcodes

Baca juga: Mengenal Matt Mullenweg, Programmer Dibalik WordPress

4. Contact Form 7

Contact Form 7 sangat berguna ketika kita membutuhkan form contact us pada web yang kita bangun. Dengan menggunakan Contact Form 7 kita akan sangat dimudahkan dalam membuat form untuk berbagai keperluan.

Download: https://id.wordpress.org/plugins/contact-form-7/

screenshot-1

5. WooCommerce

Kalau kita ingin membangun web untuk toko online, maka plugin Wordpress yang satu ini akan sangat membantu. Segala kebutuhan kita untuk membangun toko online hampir semuanya dipenuhi oleh WooCommerce.

Download: https://wordpress.org/plugins/woocommerce/

woocommerce_plugin

6. BuddyPress

BuddyPress adalah plugin Wordpress yang berguna untuk membangun web dnegan konsep social network. Dengan BuddyPress kita bisa membangun web yang memiliki sistem pertemanan layaknya Facebook, berkirim pesan bahkan update status layaknya sosial media.

Download: https://wordpress.org/plugins/buddypress/

screenshot-1

Baca juga: 7 Aplikasi Android untuk Para Web Developer

7. Yoast SEO

Bagi kamu yang ingin membangun web yang sangat konsen dengan Search Engine Optimization (SEO), maka plugin Wordpress ini akan sangat berguna. Yoast SEO dapat memberikan informasi optimasi dari SEO setiap pos yang kita buat. Yoast akan memberitahukan apakah teknik SEO kita dalam sebuah pos apakah sudah baik atau belum, jika sebuah pos yang kita buat memiliki SEO bagus maka akan ada indikator berwarna hijau. Jika buruk maka akan berwarna abu-abu atau merah.

Download: https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo/

New-Yoast-SEO

 

Demikianlah 7 plugin Wordpress yang dapat membantu proses development versi CodePolitan. Kalau kamu punya plugin favorit dalam membangun web selain 7 yang di atas, kamu bisa menambahkannya melalui form komentar. Semoga bermanfaat :D