Ada Apa Saja di CompFest 7?

Yana Permana 11 September 2015

Ada Apa Saja di CompFest 7?

CompFest adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang terdiri dari berbagai kompetisi IT dengan lingkup nasional. Sampai saat ini CompFest sudah mencapai tahun ketujuh dalam penyelenggaraannya. Salah satu tujuannya yakni untuk melakukan inovasi baru yang mempunyai dampak yang besar bagi dunia IT. Selain kompetisi, CompFest mengadakan pameran karya-karya IT dan seminar dengan topik mengenai IT yang up-to-date serta mengadakan Startup Academy dan Animation Academy guna meningkatkan kreatifitas IT bangsa Indonesia.

Tema CompFest tahun ini membahas mengenai "Raising IT awareness for a perfect IT impact in Indonesia". Dengan kata lain CompFest tahun ini bertemakan meningkatkan kesadaran TI agar mencapai dampak IT yang besar untuk Indonesia. CompFest mempromosikan tiga nilai utama yakni IT Awareness, Collaboration, dan Perfect Impact.

Hal tersebut menjadikan CompFest sebagai acara yang sangat positif yang tidak hanya membantu mahasiswa untuk meningkatkan softskill dan hardskill tetapi juga membantu mempromosikan teknologi IT terbaru dari semua peserta.

Dalam acara CompFest 7, banyak capaian tujuan diantaranya:

  • Membuat kolaborasi antara pemerintah, akademisi, pengembang, perusahaan dan berbagai masyarakat.
  • Meningkatkan pemuda Indonesia yang kreatif melalui teknologi teknologi yang nantinya akan berdampak pada pembangunan bangsa.
  • Meningkatkan masyarakat kesadaran tentang pentingnya IT dan bagaimana menggunakannya dengan benar.
  • Mengembangkan technopreneur dan menjadi pengusaha sedini mungkin untuk meningkatkan jumlah pekerjaan di Indonesia.
  • Meningkatkan skill individu dan tim dalam keterampilan ITI agar mereka mampu bersaing di ranah nasional maupun internasional.
Apa saja acara yang akan diselenggarakan oleh CompFest 7? Dimulai dari acara utama yang akan diadakan pada tanggal 3-4 Oktober 2015 di Balairung. Kemudian Seminar yang diadakan pada tanggal 26-27 September 2015 dan 3 Oktober 2015 di Balai Sidang, Universitas Indonesia.

Sedangkan kompetisi mulai dibuka pendaftarannya pada bulan Mei - Juli 2015. Untuk Pelatihan diadakan bulan Agustus 2015. Sedangkan untuk babak final & showcase diadakan pada tanggal 3 Oktober 2015.

Untuk Startup Academy pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 21 Juni-23 Juli 2015. Meetup perdana pada tanggal 22-23 Agustus tahun 2015, untuk Meetup kedua diadakan pada tanggal 2-3 Oktober 2015 di Ruang Rapat, The Crystal of Knowledge Universitas Indonesia.

Untuk Animasi Academy pendaftaran mulai dibuka bulan Mei 2015 dengan waktu karantina perdana selama tiga hari, mulai tanggal 26-28 Juni 2015. Untuk karantina kedua, dimulai tanggal 19-20 September 2015 di Ruang Rapat, The Crystal of Knowledge, Universitas Indonesia.

CompFest juga mengadakan tur ke sekolah dan universitas di Indonesia yang diberi nama CompFest on Tour. Acara ini dimulai pada bulan April-Juni 2015 dan diselenggarakan di wilayah Jabodetabek. Sedangkan untuk acara OrganizeIT telah dimulai bulan Maret 2015 oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Banyak kompetisi yang akan diadakan di CompFest 7 seperti Bussiness IT Case, Competitive Programming, Open App Challenge, Internet of Things, Indie Game Ignite dan masih banyak lagi.

Itulah sekilas CompFest 7, acara yang sangat positif bagi Indonesia khususnya bidang IT. Kita bisa mengikuti berbagai acara dan kompetisi yang bisa membuat skill kita meningkat. Nah, tunggu apalagi? Kunjungi situsnya di http://compfest.web.id/

(yp/compfest)