Ruby on Rails, Framework Membuat Web dengan Gaji Tinggi

Yana Permana 13 Maret 2015

Ruby on Rails, Framework Membuat Web dengan Gaji Tinggi

Bagi pembaca yang baru maupun sudah mengenal bahasa pemrograman Ruby, ada kabar baik bagi pembaca karena telah dikembangkan web framework Ruby on Rails. Ruby on Rails adalah web framework open source yang dioptimalkan untuk kesenangan programmer dan menopang produktivitas. Siapa dibalik kesuksesan Ruby on Rails? Ruby on Rails telah dikembangkan pada tahun 2003 oleh David Heinemeier Hannson dan sejak saat itu diperluas oleh Rails Core Team dan lebih dari 3700 kontributor.

Puluhan ribu aplikasi web sudah banyak yang menggunakan Ruby on Rails. Dan yang paling populer adalah twitter, github, basecamp, shopify dan lain-lain. Kenapa harus Ruby on Rails? Sampai tahun 2014 kemarin, Ruby on Rails masih menempati posisi pertama dalam gaji programmer tertinggi berdasarkan data Quartz. Ruby on Rails juga menyediakan dukungan lengkap diantaranya rilis terbaru, dokumentasi, presentasi, komunitas.

Pada dokumentasi, Ruby on Rails memberikan apa saja yang pembaca butuhkan agar bisa expert dengan Ruby on Rails. Dokumentasi yang sudah termasuk buku, tutorial, panduan dan banyak contoh sampel open source yang bisa pembaca coba. Jika pembaca masih baru dalam Ruby on Rails, pembaca dapat mempelajari secara umum dengan melihat panduan Ruby on Rails. Dokumentasi API juga disediakan untuk menjelajah semua framework, class, dan method. Pembaca juga dapat mengunduh buku yang ditulis oleh Rails Core Team yakni 'Agile Web Development with Rails' dan 'Crafting Rails for Application' yang akan mengajarkan semuanya untuk pembaca.

Baca juga: Programmer Seperti Apa yang Dicari Perusahaan?

Pembaca dapat menginstall Ruby on Rails dengan cepat. Mengapa cepat? Karena Ruby on Rails tidak mempunyai banyak dependencies dan kebanggaan sendiri pembaca dapat memasang semua yang dibutuhkan pada repositori Ruby. Untuk memulainya tinggal menginstall Ruby dan RubyGems dari manajer paket. Direkomendasikan agar mempunyai Ruby dengan versi 1.9.3 atau lebih baru. Ruby sendiri juga cross platform bisa berjalan pada Linux, Windows, dan Mac. Dengan Ruby yang sudah terinstall, pembaca dapat memasang Ruby on Rails dengan perintah:

$ gem install rails

Sedangkan untuk mulai mengembangkan kerangka aplikasi dan memulai server, pembaca dapat menggunakan perintah:

$ rails new path/to/your/new/application
$ cd path/to/your/new/application
$ rails server

Aplikasi yang pembaca buat dapat dilihat pada peramban pada alamat http://localhost:3000/.

Jika pembaca mendapat error saat coding, pembaca dapat masuk komunitas Ruby on Rails. Banyak programmer Ruby lainnya yang akan sukarela membantu pembaca dalam mempelajari Ruby on Rails. Disediakan mailing lists, yakni Ruby on Rails Talk dimana pengguna Ruby on Rails dapat mencari bantuan, mengumumkan project yang pembaca kembangkan dan mendiskusikan terkait framework dan komunitas.

Jika pembaca suka bikin patch, pembaca dapat mendaftarkannya pada core list. Juga ada security announcement list untuk patch yang kritis. Lalu terdapat twitter dan blog, pembaca dapat mengikuti perkembangan baru mengenai Ruby on Rails. Juga disediakan IRC, kadang lebih mudah untuk mendapat bantuan atau mendiskusikan sesuatu secara nyata. Channel #rubyonrails ada pada irc.freenode.net dan cobalah #rails-contrib jika pembaca ingin membantu atau mendiskusikan patch untuk Rails sendiri.

Baca juga: David Heinemeier Hansson, Programmer Dibalik Ruby on Rails

Nah, dengan Ruby on Rails, bikin web tidaklah sulit sehingga pembaca dapat dengan mudah mempercepat pengembangan aplikasi web. Dan peluang besar bagi pembaca untuk mendapat gaji tinggi dengan Ruby on Rails. Semoga bikin web nya tambah seru ya.

(yp/rubyonrails)