Angular 5 Kini Lebih Kecil, Lebih Cepat, dan Lebih Mudah Digunakan

Bagus Aji Santoso 7 November 2017

Angular 5 Kini Lebih Kecil, Lebih Cepat, dan Lebih Mudah Digunakan

Pembaca Codepolitan yang telah malang melintang didunia pemrograman web mungkin sudah cukup mengenal nama Angular. Belum lama ini, Angular baru saja merilis versi major baru yang diklaim lebih kecil, cepat, dan lebih mudah untuk digunakan. Rilis dengan nomor versi 5.0.0 ini diberi nama pentagonal-donut.

Salah satu fitur utama Angular 5 adalah penggunaan build optimizer secara otomatis. Build optimizer sendiri merupakan sebuah tool yang tertanam dengan Angular CLI untuk memperkecil ukuran bundle.

Baca Juga: Memperkenalkan Komunitas Angular Indonesia

Angular Universal State Transfer

Peningkatan lain yang datang bersama Angualr 5 adalah kemampuan untuk berbagai state antara server-side dan client-side menjadi lebih mudah. Teknik berbagi state ini dapat dilakukan dengan Angular Universal State Transfer API.

Angular Universal dikembangkan untuk membantu developer melakukan server side rendering (SSR) dari sebuah aplikasi Angular sehingga performa aplikasi dapat ditingkatkan. Di versi 5.0.0 ini Angular menambah modul ServerTransferStateModule dan BrowserTransferStateModule. Modul ini lah yang membuat kumpulan data saat melakukan render di server dan mengirimkannya ke client. Fitur ini berguna saat aplikasi kita mengambil data melalui HTTP karena data bisa sekalian di buat saat aplikasi di render di server.

Domino

Tambahan lainnya adalah Domino. Domino merupakan implementasi server-side dari dom.js buatan Mozilla. Fitur ini memungkinkan Angular untuk melakukan manipulasi DOM dari konteks server dan meningkatkan dukungan untuk library JS atau Component yang tidak berhubungan dengan sisi server.

TypeScript

Compiler Angualr telah ditingkatkan untuk mendukung kompilasi incremental yang berakibat lebih cepatnya proses rebuild dan di klaim dapat mengehmat hingga 95% build time.

Penutup

Masih banyak fitur-fitur Angular 5 lain yang tentunya menarik bagi developer. Kunjungi postingan blog Angular ini untuk pembahasan fitur-fitur Angular 5 lainnya.

Referensi: i-programmer & angular