Apache Commons Math 3.5 Telah Rilis

Yana Permana 20 April 2015

Apache Commons Math 3.5 Telah Rilis

Apache Commons Math adalah library yang ringan, terdiri dari komponen matematika dan komponen statistik. Fungsinya adalah mengatasi berbagai masalah matematika dan statistika dimana hal tersebut tidak tersedia dalam bahasa pemrograman Java umumnya.

Dalam kasus nyata, penggunaan aplikasi tentu menentukan prioritas pembangunan. Karena library ini ringan maka komponen mudah diintegrasikan dibanding library besar dengan dependensi yang kompleks dan banyak konfigurasi. Dan semua algoritma matematika dan statistika sepenuhnya sudah didokumentasikan. Dan mengikuti praktik matematika dan statistika yang umum di dunia pendidikan.

Algoritma matematika dan statistika yang sudah ada kini tinggal diimplementasikan dengan library ringan ini. Tidak ada dependensi eksternal di luar komponen library dan inti dari platform Java.

Apache Commons Math 3.5 telah rilis. Dalam rilis ini menggabungkan perbaikan bug dan penambahan fitur baru. Perubahan fitur yang ada dibuat dengan cara backward-compatible seperti drop-in sebagai pengganti dari file JAR v3.4.1. Di antara penambahan fitur baru yang paling menonjol adalah metode getQuadraticMean yang ditambahkan ke DescriptiveStatistics dan SummaryStatistics. Untuk menghitung rata-rata akar persegi, dan fitur untuk membangun set polihedron dari daftar simpul dan penyusunnya.

Untuk menggunakan versi ini, minimal sudah terpasang Java 5 pada komputer pembaca. Dan sebaiknya segera meng-upgrade ke versi ini. Karena rilis ini tidak hanya mencakup perbaikan bug, namun fungsi yang sudah deprecates dalam berbagai kelas dan method akan dihapus.

Daftar lengkap dari semua perubahan library ini dapat ditemukan dalam catatan rilis di http://www.apache.org/dist/commons/math/RELEASE-NOTES.txt. Sedangkan distribusi source dan binary juga tersedia untuk diunduh, kunjungi situs resminya di http://commons.apache.org/proper/commons-math/download_math.cgi

Ketika mengunduh, silakan verifikasi signature dengan menggunakan KEYS yang tersedia pada situs tersebut. Untuk informasi lengkap tentang Apache Commons Math, termasuk instruksi tentang cara mengirimkan laporan bug, patch, atau saran untuk perbaikan, bisa lihat situs web Apache Commons Math di http://commons.apache.org/proper/commons-math/

(yp/apache)