Belajar Pemrograman Interaktif Berbahasa Indonesia di CodeSaya

Bagus Aji Santoso 21 Januari 2019

Belajar Pemrograman Interaktif Berbahasa Indonesia di CodeSaya

Pembaca mungkin telah mengenal situs seperti codecademy.com untuk belajar pemrograman secara interaktif melalui web. Sayangnya codecademy belum mendukung Bahasa Indonesia disitusnya. Kekurangan ini tentu membuat orang Indonesia yang ingin belajar pemrograman secara interaktif cukup kesulitan memahami materi yang ada disitus tersebut. Jadi bagaimana jika tetap ingin belajar pemrograman secara interaktif namun dalam bahasa pengantar yang kita mengerti, Bahasa Indonesia? Jawabannya adalah melalui situs CodeSaya.com.

CodeSaya dibangun oleh Ganis dengan framework web Python paling populer, Django. Diluncurkan sejak tahun 2013, sudah lebih dari 200.000 kode dikirimkan ke situs CodeSaya. Member situs ini juga sudah mencapai lebih dari 4.500.

Ganis (Founder CodeSaya)

Dengan mendaftar disitus CodeSaya kita bisa belajar berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang saat ini sudah didukung adalah JavaScript dan PHP.  Materi JavaScript yang dapat dipelajari cukup lengkap, mulai dari pengenalan hingga ke struktur data. Bahkan untuk pembaca yang kesulitan memahami konsep pemrograman berorientasi objek, materi PHP memiliki sub bagian yang membahas khusus teknik pemrograman berorientasi objek secara interaktif.

Belajar pemrograman secara interaktif di CodeSaya sangat menyenangkan. Pertama, kita tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai aplikasi untuk mulai belajar pemrograman seperti memasang teks editor dan lain-lain, cukup bermodalkan web browser seperti Google Chrome atau Firefox. Kedua, hasil dari kode yang kita tulis akan langsung muncul di halaman yang sama. Meskipun kita melakukan kesalahan saat membuat kode yang diperintahkan, CodeSaya akan memberi tahu kesalahan tersebut sehingga dapat langsung kita perbaiki.

Satu fitur tambahan lagi yang saya suka adalah fitur lencana. Lencana ini bisa kita dapatkan setelah mengerjakan soal yang diberikan. Lencana ini bahkan bisa kita pamerkan ke teman-teman facebook. Beberapa lencana bisa pembaca lihat melalui gambar berikut. Keren-keren bukan?

Ingin belajar pemrograman JavaScript dan PHP secara interaktif? Yuk belajar bersama dengan mendaftar di CodeSaya.com.

(bas/codesaya/twitter)